Langganan SP 2

Jelang SSK 2016 Kayong Utara, Kamar Hotel dan Penginapan Sudah Penuh

Kayong Utara

Editor sutan Dibaca : 486

Jelang SSK 2016 Kayong Utara, Kamar Hotel dan Penginapan Sudah Penuh
Seorang warga Desa Betok Jaya, Kepulauan Karimata. Warga sekitar berharap dapat kecipratan rezeki dengan menyediakan home stay (dok.sp)
KAYONG, SP- Kamar hotel maupun penginapan di Kota Ketapang dan Kayong Utara, pekan depan habis dipesan tamu. Mereka penasaran, seperti apa perhelatan Sail Karimata 15 Oktober 2016.

Para tamu itu, umumnya dari luar negeri dan Pulau Jawa yang sudah memesan kamar hotel sejak bulan Agustus lalu. Satu diantara pemilik rumah, Desa Sutera, Kecamatan Sukadana, Kayong Utara, Heri Iskandar (48).

Ia mengaku, sudah jauh hari menyulap rumahnya mejadi home stay. Seperti menyediakan kamar tidur dan beberapa kipas angin. Sekarang rumahnya sudah dipesan para tamu undangan. Tarif yang ditawarkan lumayan besar. Rp 300 ribu per hari.

"Kalau kamar dengan fasilitas kipas angin Rp 300 ribu. Tapi kalau AC Rp 400 ribu. Alhamdulillah sudah ada yang pesan,” terangnya.

Untuk rumahnya sendiri, dirinya menjelaskan terdapat enam kamar. Semua telah terpesan sudah sejak jauh-jauh hari. dengan adanya Sail Selat Karimata, ia berharap bisa memberikan pelayanan terbaik bagi para tamu yang hadir.  

Selain  rumah, pengusaha hotel juga ikut kecipratan rezeki. Manajer Hotel Borneo Emeral Ivan, mengatakan, semua kamar di hotelnya sudah penuh karena pejabat, pihak kementerian dan para tamu undangan lainnya yang berasal dari luar untuk menghadiri pembukaan Sail Karimata 2016 di Kayong Utara.

"Pemesanan hotel, langsung membayar di muka sehingga para pemilik hotel tidak berani menerima tamu lain," katanya.

Hanya saja, bagi masyarakat dari seluruh penjuru dunia yang ingin menyaksikan kegiatan itu, Pemerintah Kayong Utara maupun masyarakat, telah menyediakan rumah-rumah penduduk untuk dijadikan sebagai tempat menginap dengan harga relatif.

Saat ini kamar hotel di Ketapang, seperti Hotel Aston, Hotel Onyx dan lainnya sudah terisi semua. "Sudah dibayar oleh tamu jauh jauh hari sebelum puncak acara dimulai," ujar dia.

Sebelumnya harga kamar untuk kelas superior pada hari biasa hanya Rp348 ribu permalam, saat ini menjelang kegiatan Sail Karimata 2016. Kamar Superior naik menjadi Rp 450 ribu, sedangkan kamar VIP hari biasa hanya Rp 500 ribu per malam, saat ini naik menjadi Rp1 juta per malam itupun pada saat pelaksanaan sail karimata tanggal 14 - 15 Oktober 2016.

Ia berharap ke depan, bukan hanya saat acara Sail Karimata saja. Melainkan pemerintah juga mewacanakan kegiatan seperti pameran wisata dan budaya yang berkala nasional untuk menarik minat pengunjung yang datang ke Kabupaten Ketapang.

Ketapang merupakan kota transit ke Kayong Utara menggunakan jalur udara. Jarak dari Kota Ketapang ke Kayong Utara sekitar 100 kilometer dengan waktu tempuh dua jam perjalanan.

Sejumlah maskapai menambah frekuensi penerbangan ke Ketapang terkait Sail Selat Karimata 2016 yang dipusatkan di Sukada, ibukota Kabupaten Kayong Utara. (bule/ant/loh)