Turis Norwegia Kagumi Pesona Kayong Utara

Kayong Utara

Editor sutan Dibaca : 892

Turis Norwegia Kagumi Pesona Kayong Utara
Masjid Agung Oesman Al-Khair di Sukadana, Kayong Utara, Kalbar (SUARA PEMRED/ YODI)
KAYONG UTARA, SP - Pemilik kapal yachter, Tim Horward mengaku senang bisa tiba di Kayong Utara. Turis asal Oslo, Norwegia ini sengaja datang ke Kayong Utara, bertepatan dengan Sail Selat Karimata.

"Meski saya baru pertama datang ke sini, saya sudah disambut keramahan masyarakat di sini," kata Horward.

 Menurutnya,  masyarakat Kayong Utara dikenal baik dan ramah. Ia juga memuji kondisi alamnya sangat asri dan dikelilingi banyak bukit. Yang tak kalah penting, mereka terpesona dengan kuliner yang disuguhkan.


"Ikan di sini segar. Saya juga suka dengan sambal pedas. Sangat enak,” tutur Horward, melalui tour guide yang menemani, selama di Sukadana. Horward berlayar bersama temannya.

Di Kayong Utara, ia sudah tiba empat hari lalu, dan menjadi pelayar pertama yang tiba di Sukadana. Diakhir pembicaraan, dirinya berpesan kepada Pemerintah Daerah Kayong Utara, bisa mengembangkan destinasi wisata yang telah ada.

   Misalnya Masjid Agung Oesman Al-Khair yang menurutnya memiliki nilai wisata tinggi, jika dikemas secara bagus. Selama di Sukadana, para pemilik yachter dijamu Pemkab Kayong Utara.

Disbudparpora pun menyuguhkan para tamu jauh ini dengan berbagai atraksi. Seperti kesenian dan budaya dari Kalbar, khususnya Kabupaten Kayong Utara. Misalnya, Rabu (12/10), mereka diajak mengunjungi daerah wisata  Kampung Bali di Desa Sedahan Jaya, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara.

“Di sana pemilik kapal yachter disuguhkan tarian Bali, dilanjutkan makan siang," kata Kadis Disbudpora Kayong Utara, Masyuliandi.

Setelah itu, para tamu mengunjungi objek wisata Aek Paoh. Malam harinya, akan diadakan gala dinner untuk para Yachter tersebut. Ada sekitar 18 kapal yacht telah singgah pada perhelatan Sail Selat Karimata, dan berlabuh di perairan Pelabuhan Cik Kadir, Sukadana dari 30 an lebih yang akan mengunjungi Kayong Utara.

“Mereka ini akan hadir di Sukadana hingga Sail Selat Karimata berakhir," tuturnya.

Dari Kayong Utara, perjalanan mereka dilanjutkan menuju Provinsi Bangka Belitung. Para Yahcter tersebut ada yang berasal dari Australia, New Zealand, Prancis, juga ada yang dari Amerika. (ble/loh)