Presiden Jokowi: Laut telah Persatukan Rakyat Indonesia

Kayong Utara

Editor sutan Dibaca : 771

Presiden Jokowi: Laut telah Persatukan Rakyat Indonesia
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo beserta rombongan, ketika tiba di Pantai Pulau Datok, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, kemarin. (SUARA PEMRED/YODI RISMANA)
SUKADANA- Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menegaskan laut telah menyatukan 240 juta rakyat Indonesia yang tersebar pada  17.408 pulau.

Hal itu dikemukakan Presiden Jokowi pada pembukaan Sail Selat Karimata 2016 di kawasan Wisata Pulau Datok, Sukadana, Ibu Kota Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, Sabtu pagi (15/10/2016).

Jokowi menuturkan penyelenggaraan Sail  secara periodik di Indonesia, dan tahun 2016 Provinsi Kalimantan Barat sebagai tuan rumah, menunjukkan komitmen pemerintah untuk memperkenalkan keindahan alam laut.

"Karena bertindak sebagai pemersatu rakyat, maka laut mesti dipelihara dan dirawat dengan baik dan benar. Jangan dirusak, karena bagian dari sumber daya alam untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar  Jokowi.

Menurut Jokowi, pelaksanaan Sail setiap tahun mesti terus disempurnakan dan mesti ada jaminan di dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Mari kita bangun laut dengan baik dan benar. Sebagian besar wilayah adalah laut, maka pembangunan harus berorientasi ke laut, " tegas Jokowi.

Pembukaan Sail Selat Karimata 2016 ditandai penekanan sirene bersama Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis. (aju/sut)