Hildi Dijadwalkan Buka Festival Budaya Kayong

Kayong Utara

Editor Kiwi Dibaca : 586

Hildi Dijadwalkan Buka Festival Budaya Kayong
PERSIAPAN – Sejumlah panitia sedang melakukan dekorasi panggung utama Festival Budaya Kayong 2017, di Pantai Pulau Datok, Minggu (14/5).
SUKADANA, SP - Jelang pembukaan Festival Budaya Kayong 15 Mei 2017 mendatang, panitia acara mulai melakukan berbagai persiapan akhir, satu di antaranya dekorasi dan teknis.

“Sampai saat ini persiapan sudah 90 persen. Kita selalu bekerja ekstra,” ujar Ketua Panitia FBK, Romy Wijaya, Minggu (14/5). Romy mengatakan, festival ini merupakan bagian dari implementasi kewenangan dari pemerintah kabupaten, terkait kebudayaan.

"Kita diwajibkan untuk menggali, mengembangkan dan melestarikan budaya-budaya yang ada, sebagai bagian dari kebudayaan Indonesia secara keseluruhan. “Festival Budaya Kayong merupakan ajang sebuah proses pengembangan dan pelestarian budaya. Selain itu, juga sebagai wadah untuk memberikan apresiasi kepada penggiat seni dan pelaku budaya di Kayong Utara," terang Kepala Dinas Pendidikan Kayong Utara ini.

Kegiatan ini rencananya dibuka langsung oleh Bupati Kayong Utara, Hildi Hamid. Festival Budaya Kayong juga akan diramaikan dengan kegiatan ‘Ruah Massal’, yakni sebuah hajatan budaya yang kerap dilakukan oleh masyarakat Melayu.

"Kebetulan sekarang ini, di Kayong Utara masuk pada Bulan Ruwah atau bulan Sya'ban. Selain melestarikan tradisi di masyarakat, kegiatan ini juga sebagai ajang untuk memperat tali silahturrahmi," sambungnya. Kegiatan seperti ini, tambah Romy mesti dilaksanakan setiap tahunnya. Karena ini adalah salah satu wadah untuk memberikan apresiasi kepada penggiat seni dan pelaku budaya. "Mudah-mudahan bisa diselenggarakan ke lingkup yang lebih besar lagi, yakni tingkat provinsi," harap Romy. (ble/bob)