Wabup Kayong Utara Buka HLUN 2017

Kayong Utara

Editor Kiwi Dibaca : 536

Wabup Kayong Utara Buka HLUN 2017
FOTO BERSAMA – Wakil Bupati Kayong Utara, Idrus foto bersama dengan para pengurus Lembaga Lansia Kayong Utara, di Gedung Balai Praja, Rabu (24/5). HUMAS
SUKADANA, SP – Indonesia termasuk Negara yang memiliki populasi Lanjut Usia (Lansia) di atas usia 60 yang cukup besar. Dari total jumlah penduduk Indoneisa saat ini, total Lansia diperkirakan lebih dari tujuh persen, atau sebanyak 21,5 juta jiwa dari seluruh penduduk Indonesia pada tahun 2015.

Demikian dikatakan oleh Wakil Bupati Kayong Utara, Idrus saat membuka kegiatan Hari Lanjut Usia  Nasional (HLUN) di Gedung Balai Praja, Rabu (24/5).

 “Dari data penduduk tersebut, menunjukan populasi Lansia cenderung meningkat setiap tahunnya, sehingga akan diikuti pula meningkatnya masalah Lansia,” kata Idrus.
Sebagai bentuk kepedulian dan perhatian pemerintah, maka tanggal 29 Mei pemerintah mencanangkan sebagai Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN). Bahkan, saat ini BKKBN sedang menggalakan gerakan revolusi mental berbasis keluarga.

“Lembaga Lansia diharapkan menjadi salah satu motor penggerak gerakan revolusi mental di keluarga masing-masing. Salah satu bentuk perhatian pemerintah adalah melalui program HLUN dan pemberian bantuan kepada lembaga Lansia Kayong Utara,” terangnya saat memberikan sambutannya.

Menurut data hasil survei Angkatan Kerja Nasional tahun 2014, Lansia masih aktif bekerja mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sebesar 47,48  persen, namun di sisi lain diketahui, semakin bertambahnya umur, maka para Lansia ini akan mengalami kemunduran fungsi organ.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan  pengetahuan, sikap dan perilaku, keterampilan individu, keluarga, organisasi sosial, masyarakat dan dunia usaha sebagai cerminan peningkatan kesejahteraan Lansia. Di samping itu, semata untuk mempersiapkan pra Lansia menjadi Lansia yang sehat, aktif, produktif dan mandiri,” tuturnya. (hms/ble/bob)