Pengungsi Banjir Butuh Bantuan

Kayong Utara

Editor Kiwi Dibaca : 447

Pengungsi Banjir Butuh Bantuan
BANJIR – Sejumlah wilayah di Kecamatan Sukadana dikepung banjir sejak Jumat (2/6) lalu. ISTIMEWA
SUKADANA, SP -Persediaan bahan makanan pengungsi banjir warga transmigrasi Dusun Sidorejo, Desa Sedahan Jaya, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, mulai menipis.

Tidak hanya itu, di kamp pengungsian yang ditempatkan di balai desa ini juga kekurangan selimut dan pakaian.

"Saat ini kita mengalami keterbatasan bahan makanan dan stoknya yang ada sudah menipis," kata Kepala Desa Sedahan Jaya, Naza Nadira, kemarin.

Selain itu, warga yang sebagian besar tidak bisa menyelamatkan harta benda dan hanya membawa pakaian di badan sangat memerlukan pakaian untuk orang dewasa dan pakaian anak-anak.

"Yang mengungsi di balai Desa Sedahan Jaya ini ada 370 jiwa, sedangkan sebagian lainnya mengungsi di rumah keluarganya masing masing," katanya.

Dikatakannya, sampai saat ini air yang merendam permukiman warga transmigrasi tersebut masih tinggi sehingga warga akan tetap bertahan di kamp pengungsian hingga waktu yang tidak bisa ditentukan.

"Saat ini stok makanan yang ada hanya tinggal mie instan, kemudian air mineral sendiri hanya tinggal berapa dus saja," ungkapnya.
Selain itu, para pengungsi mulai diserang penyakit seperti gatal-gatal dan diare terutama di kalangan anak-anak.

Petugas kesehatan di kamp pengungsian di Desa Sedahan Jaya, Peterensius menuturkan lebih dari seratus orang pengungsi yang telah terkena penyakit.

"Umumnya pengungsi mengeluhkan pusing dan tekanan darah tinggi yang mungkin disebabkan depresi terhadap musibah yang mereka alami," kata Peterensius.

Ia mengatakan pada hari kedua mengungsi sejak Jumat lalu, tercatat ada satu anak yang terkena diare.

Sedangkan untuk penyakit gatal-gatal sudah dikeluhkan oleh dua orang pengungsi yang melapor ke petugas kesehatan dimana petugas tersebut langsung yang ditugaskan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kayong Utara.

"Penyakit batuk dan pilek juga sudah mulai dikeluhkan mereka akibat cuaca seperti ini," ujarnya. (ble/ant/bob)