Warga Korban Banjir Harapkan Bantuan Bibit

Kayong Utara

Editor Kiwi Dibaca : 433

Warga Korban Banjir Harapkan Bantuan Bibit
ilustrasi
SUKADANA, SP  -  Banjir besar yang melanda Sukadana beberapa waktu lalu menimbulkan kerugian. Termasuk, bagi warga transmigrasi Desa Simpang Tiga, Kecamatan Sukadana yang bermukim di Dusun Semanai.  

“Saat musibah banjir yang terjadi beberapa waktu lalu memang sempat membuat warga transmigrasi putus asa. Sebab, tanaman berupa aneka sayur mati akibat terendam air,” kata Fasilitator Transmigrasi Desa Simpang Tiga, Sahperi, Selasa (20/6).   Di antara warga transmigrasi sudah menunjukkan hasil dari usaha pertaniannya. Bahkan, sebagian sudah panen dan membawa hasil panennya untuk dijual di Pasar Desa Simpang Tiga yang berada di Siduk.   

“Sejak musibah banjir, mereka tidak lagi dapat penghasilan karena tanaman sayur yang bisa dijual habis pada layu dan mati. Saat ini, mereka sangat membutuhkan bantuan bibit-bibit untuk dapat mengembalikan usaha pertaniannya,” kata Sahperi.  

Pemukiman transmigrasi di Dusun Semanai, Desa Simpang Tiga merupakan perkampungan baru. Pemukiman ini baru ditempati pada akhir tahun 2016 lalu. Terdapat 150 kepala keluarga di lokasi ini dengan rincian 75 KK penduduk luar dan 75 KK adalah warga lokal.  

Salah satu warga transmigrasi, Fouzul membenarkan musibah banjir beberapa hari lalu membuat sebagian besar warga transmigrasi gagal panen. Betapa tidak, air yang begitu tinggi mengakibatkan lahan pertaniannya terendam.

  “Semua tanaman seperti sayur-sayuran mati, bahkan kami merasa panik ketika banjir itu terjadi. Semoga pemerintah dapat memberikan bantuan bibit secepatnya,” harapnya. (ble/bob) 

Komentar