Warga Serahkan Orangutan ke BKSDA Sukadana

Kayong Utara

Editor Tajil Atifin Dibaca : 321

Warga Serahkan Orangutan ke BKSDA Sukadana
PERIKSA KESEHATAN - Tim Rescue Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (YIARI) memeriksan kesehatan satu individu orangutan betina usia tiga tahun yang diserahkan oleh warga Desa Banyu Abang, Kecamatan Teluk Batang, Kayong Utara, kemarin
SUKADANA, SP - Seorang warga Desa Banyu Abang, Kecamatan Teluk Batang, Kabupaten Kayong Utara  menyerahkan secara sukarela satu individu orangutan peliharaan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSD) Resort Sukadana.

"Pada sabtu yang lalu, diinformasikan bahwa ada orangutan di Desa Banyu Abang. Sebelumnya memang disampaikan bahwa orangutan tersebut akan diserahkan, tapi tidak mengetahui harus menghubungi siapa," ujar Kepala Resort Sukadana dan Cagar Alam Kepulauan Karimata, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat Urai Iskandar, kemarin.

   Bersama Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (YIARI), tim  BKSD Resort Sukadana mengevakuasi hewan yang dilindungi tersebut untuk direhabilitasi sebelum akhirnya nanti dilepasliarkan.

"Pada saat itu dia (pemilik orangutan) menyelamatkan orangutan di lingkungan tempat tinggalnya, kemudian sempat dibuatkan kandang, sebelum pada akhirnya orangutan tersebut diserahkan kepada kita," jelasnya.

Mengenai orangutan tersebut, dikatakan salah satu dari tim rescue YIARI, Ulfa mengatakan, hewan yang memiliki nama latin  Pongo Pygmaeus tersebut masih memiliki sifat liar yang cukup baik dan dalam keadaan sehat saat diselamatkan.  

"Ini jenis kelaminnya betina, umurnya kurang lebih 3 tahun, untuk kesehatannya cukup bagus," kata dia.


Sebelumnya, Komandan Kodim 1203 Ketapang, Letkol Inf Riko Haryanto mengatakan, pihaknya memang sengaja kerap mengikuti kegiatan pelepasliaran orangutan.

“Kami dalam hal ini Kodim 1203 Ketapang sangat mendukung kegiatan pelepasliaran orangutan,” kata Dandim.

Keikutsertaan pihaknya dalam kegiatan pelepasan orangutan ini menunjukkan komitmen dan dukungan TNI dalam kegiatan konservasi.

Ia menegaskan sebagai institusi Negara di wilayah Ketapang dan Kayong Utara, pihaknya turut berkomitmen serta memberi kontribusi untuk melestarikan lingkungan demi kesejateraan masyarakat.

“Kami berkomitmen melestarikan lingkungan demi kesejateraan dan melindungi orangutan sebagai salah satu aset Ketapang dan Kayong Utara,” tuturnya. (ble/bob)