Langganan SP 2

Dinas Perumahaan Keluarkan 3 Raperda Inisiatif

Kayong Utara

Editor Kiwi Dibaca : 94

Dinas Perumahaan Keluarkan 3 Raperda Inisiatif
FOTO BERSAMA - Wakil Bupati Kayong Utara, Idrus (tengah) foto bersama dengan Kapolres Kayong Utara, AKBP Arief Kurniawan pasca penandatanganan MoU Program Pembinaan dan Pelatihan Calon Anggota Polri bagi putra daerah
SUKADANA, SP - Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kayong Utara akan mengeluarkan tiga Raperda inisiatif yang sudah menjadi amanah pemerintah pusat.  

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kayong Utara, Tommy Djunaidi mengatakan, tiga Raperda yang disusun ini, termasuk Raperda yang mendesak untuk segera dilaksanakan, bahkan dengan waktu beberapa bulan yang tersisa ini, diharapkan tiga Raperda ini dapat segera diselesaikan.  

"Adapun tiga Raperda yang disusun ini ialah Raperda Prasarana Sarana dan Utilitas (PSU), Raperda Kawasan Kumuh dan Raperda Rencana Pembangunan dan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman (RP3KP)," terangnya, Senin (30/10).     

Tommy mengatakan, ketiga Raperda ini merupakan amanat dari pemerintah pusat, terkait bagaimana pemerintah Kabupaten Kayong Utara menyikapi rencana pengembangan perumahan dan kawasan permukiman yang ada.       

“Misalnya mempertimbangkan lokasi yang dibangun. Sebab, kawasan perumahan itu harus memiliki daya dukung, seperti ada jalannya, listriknya, telephone, air bersih. Lokasi permukiman harus sehat, udara harus bersih dan tidak terletak rawan bencana," katanya.  

Jadi kewajiban pemerintah melindungi masyarakat Kayong Utara, termasuk di dalamnya memastikan masyarakatnya tinggal di wilayah yang nyaman. Termasuk komplek perumahan.   "Kalau pengembang pun, ketika menemukan tanah di titik A tidak bisa serta merta membangun perumahan, harus koordinasi dulu dengan Pemda," tuturnya. (ble/bob)