Langganan SP 2

Pemkab KKU Gelar Upacara Peringatan Sumpah Pemuda

Kayong Utara

Editor Kiwi Dibaca : 111

Pemkab KKU Gelar Upacara Peringatan Sumpah Pemuda
Ilustrasi
SUKADANA, SP - Bupati Kayong Utara, Hildi Hamid bertindak sebagai Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 di Halaman Kantor Dinas Pendidikan, Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Selasa (31/10).  

Tampak pula hadir dalam upacara kali ini, Wakil Bupati, Idrus yang didampingi Wakapolres Kayong Utara, Kompol O. Umbu Sairo, Danramil 1203-02 Sukadana, Kapten Soeharto, Asisten 1 Setda KKU, Syarief Muzahar, dan para Kepala OPD, serta tamu undangan lainnya. 

  Adapun tema yang diusung pada peringatan sumpah pemuda tahun ini, yakni "Pemuda Indonesia Berani Bersatu".   Dalam kesempatan ini, Bupati Kayong Utara, Hildi Hamid yang bertindak sebagai pemimpin upacara dipercaya membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi.   

"89 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928. Ada 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air berkumpul di sebuah gedung di Jalan Kramat Raya, Kwitang Jakarta. Mereka mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa yaitu, Indonesia," ungkap Hildi dalam pidatonya.   

Pada pembacaan amanat tersebut, Hildi Hamid juga menukil sebuah pesan yang pernah disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia yang pertama, yakni Soekarno.   

"Jangan mewarisi abu sumpah pemuda, tapi warisilah api sumpah pemuda. Kalau sekadar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa dan satu tanah air. Tapi ini bukan tujuan akhir, " demikian petuah Soekarno yang dibacakan kembali oleh Hildi Hamid. (hms/ble/bob)