Langganan SP 2

Operasi Zebra Kapuas, Petugas Terapkan e-Tilang

Kayong Utara

Editor Kiwi Dibaca : 112

Operasi Zebra Kapuas, Petugas Terapkan e-Tilang
OPERASI ZEBRA KAPUAS - Petugas Satlantas Polres Kayong Utara menggelar Operasi Zebra Kapuas 2017 di Persimpangan Tugu Durian
SUKADANA, SP - Operasi Zebra Kapuas yang berlangsung di Kabupaten Kayong Utara bertujuan untuk meningkatkan ketaatan masyarakat dalam berlalu lintas.   Demikian diterangkan oleh Waka Polres Kayong Utara, Kompol O. Umbu Sairo di sela- sela mewakili Kapolres Kayong Utara, terjun langsung melaksanakan operasi, kemarin.  

"Kegiatan melibatkan beberapa pihak terkait lainnya, di antaranya TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Unit Pelayanan Pajak Daerah (UPPD) Dispenda Kabupaten Kayong Utara. Diharapkan, kita dapat saling bersinergi dalam melakukan kegiatan ini," katanya.  

Sebelum menggelar penertiban, pihaknya terlebih dahulu menggelar sosialisasi kepada masyarakat, dengan tujuan supaya pengendara dapat selalu mentati atauran yang ada.  

Selain tertib dalam berkendara, pihaknya juga mengingatkan kepada pemilik kendaraan agar dapat membayar pajak sesuai dengan ketentuan. Tentunya di tempat yang telah disediakan.

  "Kendaraan roda dua, empat, dan lainnya, bagi yang belum membayar pajak, saya imbau untuk segera dapat membayar pajak. Selain itu, pengendara roda dua, tidak henti-hentinya kita imbau agar dapat selalu menggunakan helm standar. Ini tentunya sebagi wujud warga negera yang patuh terhadap aturan hukum dan keselamatan berlalu lintas," imbaunya.   Berdasarkan pantauan di lapangan, sejumlah kendaraan yang melintas di Simpang Tugu Durian, satu persatu diberhentikan untuk dicek kelengkapan surat kendaraannya, seperti SIM, STNK, hingga kelengkapan kendaraan.   

Bahkan, sejumlah pelajar yang biasanya berangkat ke sekolah dengan menggunakan sepeda motor, terlihat kembali menggunakan sepeda. Hal itu, tentunya sesuai arahan dari pihak kepolisian. Jika pelajar yang belum memiliki SIM tidak dipeebolehkan menggunakan sepeda motor.  

Terpisah, Kasat Lantas Polres Kayong Utara, IPTU Sulardi mengatakan, Operasi Zebra Kapuas dimulai Rabu (1/11) hingga Selasa (14/11) mendatang.
 

"Kegiatan ini juga sudah kita sosialisasi kepada masyarakat melalui Radio Kayong Utara dan ke sekolah-sekolah," katanya.   Dari hari pertama dan kedua pelaksanaan operasi zebra terlihat sejumlah pengedara sudah banyak mematuhi atauran lalu lintas, dibanding sebelumnya.  

"Untuk hari pertama, saya lihat sudah mulai ada kesadaran dari masyarakat Kayong Utara untuk mentaati aturan lalu lintas. Kalau untuk anak sekolah memang kita mengimbau mereka sebaiknya menggunakan sepeda, jalan kaki, atau diantar oleh orangtuanya. Karena ini operasi resmi, sanksinya sesuai dengan undang-undang yang berlaku," sambungnya.  

Untuk pengendara yang melanggar lalu lintas, kata dia, akan ditilang langsung, dengan menggunakan sistem e-Tilang. Pembayaran sanksi langsung melalui bank, dan masuk langsung ke kas negara.    

"Setelah membayar sanksi, pengendara itu bisa mengambil kendaraanya kembali. Dan selanjutnya dapat melengkapi surat kendaraan, atau kelengkapan kendaraanya, baik itu lampu dan lain sebagainya," katanya.  

Selain menggelar penertiban di sejumlah jalan protokol, kegiatan operasi zebra juga akan dilakukan di sejumlah Polsek yang ada di Kayong Utara. Karena ini merupakan kebijakan nasional dan dilakukan serentak di seluruh Indonesia. (ble/bob)