Perpres 88 Tak Kunjung Disosialisasikan

Kayong Utara

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 256

Perpres 88 Tak Kunjung Disosialisasikan
Ilustrasi. Net
SUKADANA, SP - Terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 88 tahun 2017 tentang Penyelesaian Penguasaan Tanah Dalam Kawasan Hutan, September lalu, hingga kini belum dilakukan sosialisasi kepada masyarakat. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi 1 Balai Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) wilayah Sukadana, Bambang Tri Marsito. 

"Kami selaku pelaksana di lapangan, Perpres inikan kebijakan dari pusat, sampai saat ini masih menunggu kebijakannya seperti apa," ujar Bambang, Selasa (5/12). 

Belum adanya arahan dari pusat, terkait sosialisasi, sangat disayangkannya, terlebih Perpres ini berhubungan dengan pengelolaan lahan. Menurut dia, terbitnya sebuah Perpres, semestinya disertai dengan urunan produk hukum lainnya. 

"Misalnya peraturan tentang pemanfaatan air, kita dikirimkan juga surat untuk melakukan sosialisainya. Terkait Perpres ini, kita belum ada yang mengintruksi untuk digelarnya sosialisasi," ungkap pria yang pernah bertugas di Taman Nasional Gunung Merapi ini.

Diakuinya, sosialisasi sangat perlu dilakukan, upaya ini bertujuan agar masyarakat menjadi paham, terkait persoalan kawasan hutan. 

"Jangan sampai masyarakat tidak mengetahui bahwa lahan yang dipergunakannya merupakan kawasan taman nasional," katanya. 

Dengan luasan Taman Nasional Gunung Palung di Kayong Utara sebesar 88.102. 599 hektare, dikatakannya ini akan menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah untuk menjaganya. 

Untuk itu, dirinya berharap, sosialisasi Perpres tersebut bisa segera dilakukan, baik dilakukan oleh pihak pemerintah kabupaten, provinsi atau tingkat pusat. (ble/bob)