Dor! Spesialis Pencurian Sarang Walet di KKU Roboh Ditembak polisi

Kayong Utara

Editor K Balasa Dibaca : 374

Dor! Spesialis Pencurian Sarang Walet di KKU Roboh Ditembak polisi
DIAMANKAN - Tersangka pencurian sarang walet di Kabupaten Kayong Utara diamankan, Senin (25/12). (ist)
SUKADANA, SP - Residivis dan spesialis pencuri sarang burung walet berhasil dilumpuhkan, Minggu (24/12) sore, oleh Unit Reskrim Polsek Simpang Hilir, Polres Kayong Utara.

Kapolres Kayong Utara, AKBP Arief Kurniawan menyebutkan, kejadian ini di sebuah rumah walet di Desa Pulau Kumbang, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara, yang mana tersangka Kamsito, Alias Kamis, warga Dusun Sungai Belimbing, Kecamatan Sukadana Kabupaten Kayong Utara.

"Ya kita memang ada menangkap, satu pelaku pencurian di rumah walet milik warga Desa Pulau Kumbang Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara, dan saat ini sudah dalam penaganan pihak kepolisian," terangnya, Senin (25/12).

Aksi kejahatan ini berdasarkan laporan korban di Polsek Simpang Hilir. Selain itu, pelaku akan  dikenakan tindak pidana pencurian dengan pemberatan, Pasal 363 Ayat 1 Ke 3e dan 4e KUH Pidana.

"Pelaku merupakan residivis yang sudah dua kali keluar masuk penjara dengan kasus
yang sama," terangnya.

Arief menyebutkan, kasus ini berhasil diungkap berdasarkan informasi dari masyarakat yang kemudian dikembangkan oleh anggota, sehingga berhasil menemukan tempat persembunyian pelaku.

Dalam melakukan aksinya, pelaku seorang diri dengan berbekal tali dan bambu untuk memanjat rumah-rumah walet yang disatroninya.

Korban terakhir adalah salah satu warga Desa Pulau Kumbang, Kecamatan Simpang Hilir, dengan kerugian sekitar 8 kg sarang burung walet sekitar Rp128 juta.

Sementara itu, pelaku terpaksa dilumpuhkan karena pada saat proses penangkapan berusaha melarikan diri, walau sudah diberikan tembakan peringatan sebanyak tiga kali. (ble)