Ashadi Tak Mampu Serahkan Syarat Pencalonan ke KPU

Kayong Utara

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 129

Ashadi Tak Mampu Serahkan Syarat Pencalonan ke KPU
Ilustrasi. Net
SUKADANA, SP - Setelah sempat ditunda selama kurang lebih delapan jam, karena dokumen yang belum lengkap serta kelelahan petugas KPU, satu Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati Dan Wakil Bupati Kayong Utara, dinyatakan tidak mampu menyerahkan syarat pencalonannya.

Bapaslon tersebut, yakni pasangan Ashadi Yusuf dan Abdurrahman yang dalam masa perbaikan tidak mampu menyerahkan syarat dukungan perseorangan hasil perbaikan.

“Dalam pleno kita sampaikan, pasangan Ashadi Yusuf dan Abdurrahman tidak mampu menyerahkan bukti dukungan sebagai salah satu syarat pencalonan ke pada KPU pada masa perbaikan,” kata Komisioner KPU, Burhanuddin, Selasa (23/1).

Dikatakan  Burhanudin, pasangan yang menyerahkan perbaikan syarat pencalonan pada 20 Januari tengah malam ini, merupakan Bapaslon yang pada masa pendaftaran hanya memiliki  dukungan yang sudah terverifikasi sebanyak  2.224 suara dan terdapat kekurangan sebanyak  5.421 dukungan.

"Pada masa perbaikan, pasangan  ini harus menyerahkan dua kali jumlah kekurangan yakni 10.824 dukungan sesuai dengan B.1 KWK Perseorangan," terangnya.

Jumlah dukungan yang terdapat dalam hard copy pada formulir  B.1KWK Perseorangan perbaikan sebanyak 8.495, sementara jumlah foto  copy identitas kependudukan atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang menjadi lampiran formulir B1-KWK Perseorangan sebanyak 9.218.

“Dari hasil penelitian dukungan bakal pasangan calon perseorarangan dinyatakan tidak memenuhi persyaratan,” katanya.

Namun, dari persyaratan lain, mesih disatukan dan hasil keputusan akan disampaikan pada 12 Februari saat pengumumam pasangan yang lolos.

Sementara itu, secara terpisah, mendapati keputusan tidak memenuhi syarat, Ashadi Yusuf menyatakan legowo dan menyerahkan semua proses kepada sistem yang ada.

“Kita sudah berusaha, dan hasilnya masih belum memenuhi batas minimal,” kata Ashadi. (ble/bob)