April, Rumah Sakit Kayong Utara Beroperasional

Kayong Utara

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 244

April, Rumah Sakit Kayong Utara Beroperasional
RUMAH SAKIT - Seorang pengendara tengah melintas di depan Rumah Sakit Pratama Kayong Utara yang baru selesai dibangun, kemarin. Rumah sakit ini direncanakan beroperasi pada bulan April mendatang. (SP/Arief)
SUKADANA, SP - Rumah Sakit Pratama Kayong Utara di Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, diperkirakan akan mulai beroperasi pada April mendatang.

"Saat ini kita sedang dalam proses terutama untuk rekruitmen dan juga mempersiapkan dasar - dasar peraturannya. Namun, diperkirakan kalau bisa mudah - mudahan pada bulan April ini sudah bisa melayani masyarakat," kata Direktur Rumah Sakit Pratama Kayong Utara, dr Maria Fransisca A.S Mars di Sukadana, Senin (12/2).

Ia melanjutkan, walaupun rumah sakit pertama di Kabupaten Kayong Utara ini masih kategori tipe D, namun Pemerintah Kabupaten Kayong Utara akan mempersiapkan beberapa dokter spesialis.

Para dokter spesialis ini diharapkan mampu memberikan pelayanan kesehatan dasar masyarakat Kayong Utara.

"Yang artinya ini merupakan salah satu fasilitas kesehatan tingkat pertama yang kurang lebih seperti puskesmas namun Pemda Kayong Utara itu memberikan dukungan yang kuat dalam hal pengadaan dokter spesialis," kata dia.

Ia menjelaskan, pengadaan dokter spesialis langsung dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang saat ini dalam proses pengajuan dan pemenuhan kelengkapan administrasi lainnya.

"Dokter spesialis yang akan diadakan tentu empat spesialis dasar, yaitu dokter spesialis dalam, kemudian bedah, spesialis anak dan kandungan dan kebidanan," kata dia.

Masyarakat Kabupaten Kayong Utara selama ini harus menggunakan fasilitas kesehatan daerah lain untuk mendapat pelayanan yang lebih lengkap karena ketiadaan rumah sakit sejak kabupaten ini berdiri tahun 2007.

Rujukan utama adalah ke Kabupaten Ketapang atau ke Kota Pontianak. Adanya rumah sakit ini setidaknya akan memperkuat pelayanan kesehatan dari pemerintah daerah ke masyarakat Kayong Utara.

Sebelumnya, Bupati Kayong Utara Hildi Hamid menargetkan  rumah sakit  pertama di Kabupaten Kayong Utara sudah dapat melayani masyarakat mulai tahun ini. 

"Saya bilang kepada Dinas Kesehatan,  saya tidak mau rumah sakit ini jadi terbengkalai dulu sampai beberapa bulan baru aktif, itu saya khawatir akan terjadi kerusakan-kerusakan karena tidak ada perawatan, sehingga saya berharap,  untuk tenaga medis walaupun setingkat Puskesmas,  rumah sakit tetap harus kita buka, agar rumah sakit tersebut terawat," kata Hildi Hamid di Sukadana.

Untuk memenuhi sumber daya manusia di rumah sakit yang dibangun 2017 ini, pemda setempat  telah mengajukan permohonan dokter spesialis ke Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

"Saat ini telah mengurus persyaratan secara administratif, termasuk juga dokter - dokter spesialisnya yang sudah kita minta ke pusat, dengan komitmen insentif para dokter tersebut di tanggung pemerintah daerah Kayong Utara," tambahnya.

Selain itu juga,  pemerintah setempat juga telah  memberikan beasiswa kepada putra putri terbaik  Kayong Utara dengan melakukan  kerja sama di beberapa  perguruan tinggi di Indonesia.

"Sehingga beberapa tahun yang lalu kita mulai memikirkan para tenaga medis dan tenaga non medis untuk bekerja di rumah sakit, sehingga banyak perawat dan bidan yang menjalani pelatihan, begitu juga mahasiswa. kita juga telah memberikan  beasiswa ke Poltekes Semarang," ujar Hildi Hamid. (ant/bob)