Sejumlah Sekolah Tak Ikut Olimpiade Sains di Sukadana

Kayong Utara

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 241

Sejumlah Sekolah Tak Ikut Olimpiade Sains di Sukadana
OLIMPIADE - Sejumlah siswa dari 13 sekolah mengikuti Lomba Olimpiade Sains SD Tingkat Kecamatan Sukadana, di SDN 01 Sukadana, Senin (19/2). (SP/Arief)
SUKADANA, SP - Pengawas Sekolah Dasar dan Koordinator Wilayah (Korwil) Kecamatan Sukadana, Muhammad Hamidi secara resmi membuka lomba Olimpiade Sains SD Tingkat Kecamatan Sukadana di SDN 01 Sukadana, Senin (19/2). 

Dalam sambutannya, Muhammad Hamidi mengungkapkan rasa kekecewaannya. Pasalnya, beberapa sekolah tidak mengirim pelajar dalam lomba tersebut. 

"Jujur saja, saya sangat kecewa karena masih terdapat sekolah tak mengirim muridnya. Kompetensi kepala sekolah yang tak mengutus pelajarnya patut dipertanyakan," tegas Muhammad Hamidi dengan raut wajah kesal.

Hamidi mengingatkan, untuk ke depan tidak ada alasan bagi sekolah untuk tidak mengirim murid dalam lomba sains. Sebab, lomba ini sudah agenda rutin tahunan sehingga tidak ada istilah kata mendadak.
 
Di samping itu, dirinya berpesan, pada lomba ini jangan ada permainan dalam memberikan penilaian hanya karena ego sektoral sekolah. Penilaian harus benar-benar objektif dan sportif sesuai kemampuan masing-masing murid. 

"Jangan ada permainan dalam memberikan nilai, karena yang terbaik akan kita kirim di lomba tingkat kabupaten. Jangan sampai karena nilai diatur, sehingga murid yang mewakili Kecamatan Sukadana belum apa-apa sudah keok, mari kita rebut piala untuk Sukadana," pesannya. 

Ia juga berpesan, siapapun yang menang, tinggal dibimbing untuk bisa bersaing di tingkat kabupaten. 

Sementara itu, Ketua Panitia Lomba Olimpiade Sains SD, Sulaiman mengucapkan terimakasih kepada guru pendamping di sekolah masing-masing. Termasuk, para pelajar yang antusias mengikuti lomba sains ini. 

Dia melaporkan, kegiatan lomba olimpiade sains ini terlaksana berkat kerjasama berbagai pihak. Adapun lomba diikuti SDN 1, SDN 2, SDN 3, SDN 4, SDN 7, SDN 8, SDN 9, SDN 10, SDN 11, SDN 12, SDN 13, SDN 15, dan MIN Sukadana. 

"Jadi yang ikut seluruhnya ada 13 SD, dan ada beberapa SD tidak mengirim pelajarnya," kata Sulaiman. 

Para juara, dikatakannya akan ikut lomba sains SD tingkat kabupaten di SDN 1 Sukadana. Ada pun sains yang dilombakan adalah Matematika dan IPA. 

"Soal terdiri dari dua paket yaitu paket 1 dan 2. Baik IPA maupun Matematika. Pengawas satu orang, pengoreksi empat orang, dua orang Matematika dan dua orang IPA," katanya menerangkan. (ble/bob)