6.511 Keluarga di Kayong Utara Terima Rastra

Kayong Utara

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 147

6.511 Keluarga di Kayong Utara Terima Rastra
SOSIALISASI - Bupati Kayong Utara, Hildi Hamid membuka Sosialisasi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Rastra) Kabupaten Kayong Utara, di Gedung Balai Praja, Rabu (7/3). (Humas)
SUKADANA, SP - Bupati Kayong Utara, Hildi Hamid membuka Sosialisasi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Rastra) Kabupaten Kayong Utara di Gedung Balai Praja, Rabu (7/3).

Dalam sambutannya, Hildi menyampaikan bahwa pangan sebagai salah satu dari Hak Asasi Manusia (HAM) yang secara eksplisit disebutkan dalam UUD 1945. Beranjak dari hal tersebut, untuk mengurangi beban pengeluaran rumah tangga miskin akibat krisis ekonomi 1997 dan 1998. Sehingga pemerintah Indonesia melaksanakan subsidi beras.

"Program subsidi beras bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang dikenal dengan nama Rastra, disalurkan setiap bulan dengan alokasi sebesar 15 Kg untuk setiap Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM) dengan harga terjangkau Rp1.600," terang Hildi.

Dilanjutkannya, agar dapat meningkatkan efektifitas dan ketepatsasaran program, Rastra diamanatkan supaya dapat bertransformasikan dari pola subsidi menjadi pola bantuan sosial. Ini sesuai dengan yang pernah diamanatkan oleh Presiden RI pada rapat kabinet terbatas tentang program penanggulangan kemiskinan dan ketimpangan ekonomi, beberapa waktu lalu, yakni agar bantuan sosial dan subsidi disalurkan secara non tunai. 

Dari sisi penerima, manfaat penyaluran bantuan sosial non tunai, akan mendorong perilaku produktif penerima bantuan dan terwujudnya akumulasi aset masyarakat melalui fleksibelitas waktu penarikan bantuan dan kesempatan menabung.

"Sementara itu, dari sisi pemerintah, penyaluran bantuan sosial non tunai menggunakan sistem perbankan, dimaksudkan untuk meningkatkan transparansi dana akuntabilitas program untuk kemudahan mengontrol, memantau dan mengurangi penyimpangan manfaat," jelasnya.

Bupati Hildi Hamid pada kesempatan tersebut juga memberikan informasi bahwa berdasarkan data yang disampaikan oleh Kementerian Sosial RI tahun 2018, Kabupaten Kayong Utara menerima bantuan Sosial Beras Sejahtera (Rastra) sebanyak 6.511 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di enam kecamatan.

Untuk melaksanakan program tersebut, dikemukakan Hildi Hamid, Pemerintah Kabupaten Kayong Utara telah membentuk Tim Koordinasi Bantuan Sosial Pangan atau Beras Sejahtera di Tingkat Kabupaten.

"Persiapan yang kita lakukan adalah menyampaikan usulan ke Kementerian Sosial RI dan Bank penyalur tentang pembentukan Elektronik Warung Gotong Royong (E-Warong) sebagai agen Bank," terang Hildi.

Di samping itu, dirinya menegaskan, bahwa Pemerintah Kabupaten Kayong Utara berkomitmen untuk menyukseskan program pemberian bantuan sosial beras sejahtera dan bantuan pangan non tunai untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama masyarakat Kabupaten Kayong Utara. (hms/ble/bob)