Bupati KKU Buka Bimtek Kearsipan Sekolah

Kayong Utara

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 129

Bupati KKU Buka Bimtek Kearsipan Sekolah
BIMTEK - Bupati Kayong Utara, Hildi Hamid membuka Bimtek Kearsipan Sekolah di Balai Praja Kantor Bupati, Tanah Merah, Sukadana, Kamis (22/3). (SP/Arief)
SUKADANA, SP - Bupati Kayong Utara, Hildi Hamid secara resmi membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Kearsipan Sekolah Tingkat Dasar di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kayong Utara, di Balai Praja Kantor Bupati, Tanah Merah, Sukadana, Kamis (22/3).

Dalam sambutannya, Hildi mengatakan, arsip tidak hanya dipandang sebagai catatan sejarah, tetapi juga telah memberikan perhatian secara proporsional terhadap kinerja organisasi dan bukti pertanggungjawaban kegiatan pemerintahan dan pembangunan.

"Dengan menempatkan arsip sebagai bukti tersebut, diharapkan semua penilaian kinerja yang menjadi permasalahan organisasi dapat dilaksanakan secara efisien dan efektif," ujar Hildi.

Guna mendukung penyelenggaraan kearsipan, agar setiap kebijakan kegiatan pemerintahan berjalan transparan, kredibel dan akuntabel, diperlu ketersediaan arsip secara utuh, lengkap, baik fisik maupun informasi yang terkandung di dalamnya. Selain itu, dapat dijadikan bukti autentik sehingga memiliki kekuatan hukum demi kepentingan bangsa dan negara.

Namun, sambung Bupati, untuk mencapai hal tersebut tidak mudah. Diperlukan kemauan dan kerja keras serta harus konsisten. Yakni penyelenggaraan kearsipan didasarkan pada kaidah-kaidah kearsipan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Saya berharap seluruh sekolah di Kabupaten Kayong Utara mendapat gambaran bagaimana pentingnya mengelola arsip secara baik dan benar. Khususnya, di lingkungan sekolah yang merupakan ujung tombak pelaksanaan pendidikan," pungkasnya. (ble/bob)