Pemda Kayong Ingin Eliminasi Penyakit Kusta dan frambusia

Kayong Utara

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 107

Pemda Kayong Ingin Eliminasi Penyakit Kusta dan frambusia
SOSIALISASI - Sekda kayong Utara, Hilaria Yusnani mewakili Bupati Hildi Hamid saat membuka advokasi sosialisasi dan intensifikasi penemuan kasus kusta dan frambusia melalui kampanye eliminasi kusta dan eradikasi frambusia, di Gedung Balai Praja Kantor Bup
SUKADANA, SP - Sekretaris Daerah (Sekda) Kayong Utara, Hilaria Yusnani mewakili, Bupati Hildi Hamid membuka advokasi sosialisasi dan intensifikasi penemuan kasus kusta dan frambusia melalui kampanye eliminasi kusta dan eradikasi frambusia, di Gedung Balai Praja Kantor Bupati, Sukadana, Senin (23/4).

pada sambutannya, Hilaria Yusnani mengatakan, pada  tahun 2017 telah ditemukan kasus kusta baru sebanyak 9 kasus, dan 1 kasus frambusia pada tahun 2012 di Kayong Utara, namun mereka sudah dinyatakan sembuh. 

"Hal ini menempatkan Kabupaten Kayong Utara dalam urutan ke-lima dalam penemuan kasus kusta se-Provinsi Kalbar. Oleh karena itu, saya menyambut baik adanya program ini,"ucap Hilaria.

Dari itu, dirinya meminta kepada pihak-pihak yang terkait, agar dapat memberikan dukungannya dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

"Diharapkan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, agar penyakit kusta di Kabupaten Kayong Utara dapat di eliminasi dan penyakit Frambusia dapat di eradikasi," pungkasnya.

Sebagaiaman diketahui, bahwa penyakit kusta ini disebabkan karena infeksi Mycobacterium leprae ini bisa dirasakan oleh pasien kusta selama tahunan. Gejala awal yang terlihat adanya bercak putih atau merah pada kulit yang mati rasa. Indonesia juga menargetkan eleminasi penyakit kusta di tahun 2019. (hms/ble/pul)