Milad ke-7 Ponpes Tahfidz Baitul Quran, 44 Santri Ikuti Wisuda Hafalan Alquran

Kayong Utara

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 139

Milad ke-7 Ponpes Tahfidz Baitul Quran, 44 Santri Ikuti Wisuda Hafalan Alquran
WISUDA - Para santri Pondok Pesantren Tahfidz Baitul Quran saat mengikuti proses acara wisuda Tahfidz Alquran dan TPA/TPQ dalam rangka Milad ke-7, di Pendopo Bupati Kayong Utara, Jalan Sungai Mengkuang, Sukadana, Kamis (10/5). (Humas)
SUKADANA, SP - Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfidz Baitul Quran, melaksanakan Wisuda Tahfidz Alquran dan TPA/TPQ dalam rangka Milad ke-7, di Pendopo Bupati Kayong Utara, Jalan Sungai Mengkuang, Sukadana, Kamis (10/5).

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lantunan ayat suci Alquran yang dibacakan oleh Balqis Hayatun Nur Taqwa. 

Kegiatan tersebut dihadiri Asisten III Setda Pemkab Kayong Utara, Ir Munirah mewakili Bupati Kayong Utara. Hadir pula Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kayong Utara, H Ruslan, Waka Polres KKU, dan tamu undangan lainnya. 

Ketua Ponpes Tahfidz Baitul Quran, Burhanudin dalam sambutannya menyampaikan, pihaknya mengucapkan terimakasih atas dukungan semua pihak, termasuk Pemkab Kayong Utara.

"Untuk kegiatan ini, yang wisuda sebanyak 44 santri tahfidz yang terdiri dari hafalan 1 sampai 5 juz. Mudah-mudahan tahun depan bisa ikut wisuda 15 juz," kata Burhanudin. 

Sedangkan untuk tingkat TPA/TPQ, ada sebanyak 25 peserta. Ia merasa senang, di antara 44 tahfidz yang di wisuda ada yang dari tingkat RA/TK. 

"Ponpes sejauh ini sudah membina 200 santri dan 22 santri di antaranya bermukim, dan 178 santri lainnya non mukim. Artinya, yg mukim dia menetap di pondok dan yang non mukim hanya belajar setelah itu pulang," jelasnya. 

Dirinya juga bersyukur, karena selama ini banyak dapat perhatian dari Pemda dan Kantor Kementerian Agama sehingga kegiatan Ponpes berjalan lancar.
"Kami harap Ponpes ini ke depan bisa lebih maju dan bisa setara dengan Ponpes lainnya," harapnya. 

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag KKU, H Ruslan, memberikan apresiasi kepada Ponpes Baitul Quran. Ia harap, Ponpes ini dapat menjadi percontohan bagi Ponpes lainnya yang ada di Sukadana. 

"Saya juga ingin mengingatkan, sebentar lagi tiba bulan suci Ramadhan. Untuk itu, saya mengajak untuk sucikan hati menyambut bulan yang penuh dengan suka cita," ajaknya. 

Bupati Kayong Utara, dalam sambutannya yang dibacakan Asisten III, Ir Munira, mengajak masyarakat muslim Kayong Utara dari berbagai kalangan agar dapat menjadikan alquran tuntunan hidup.

"Kepada santri yang wisuda, saya juga minta terus tingkatkan hafalan alquran hingga 30 juz," katanya.

Dalam acara tersebut, juga diisi tausiyah yang disampaikan Ustadz Lukmanulhakim selaku pimpinan dan pengasuh Pondok Modern Munzalan Ashabul Yamin dari Pontianak. (humas/bule/pul)