Debat Paslon Kepala Daerah KKU, Membangun Daya Saing Daerah Menuju Kemandirian dan Kesejahteraan

Kayong Utara

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 166

Debat Paslon Kepala Daerah KKU, Membangun Daya Saing Daerah Menuju Kemandirian dan Kesejahteraan
DEBAT PUBLIK - Tiga Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kayong Utara saat mengikuti debat publik, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kayong Utara, Sukadana, Selasa (15/5). Debat publik ini mengangkat tema "membangun daya saing daerah menuju Kabupa

Terobosan yang akan dilakukan pada program air bersih, listrik dan infrastruktur jalan di Kayong Utara :


Paslon Nomor Urut 1
- Memprioritaskan jalan-jalan poros yang menghubungkan dari daerah-daerah masih terbelakang. Menyangkut air bersih, harus ada PDAM.

Paslon Nomor Urut 2
- Lima kecamatan di luar Sukadana akan secepatnya dialiri air bersih. Infrastruktur jalan yang menghubungkan Kabupaten Kayong Utara, Perawas ke Simpang Dua, Lintas Kalimantan, akan segera dilanjutkan sampai bisa dinikmati masyarakat. Listrik untuk wilayah kepulauan, akan dilakukan kerjasama dengan pihak PLN.

Paslon Nomor Urut 3
- Mengevaluasi kembali persoalan air bersih yang selama ini telah diprogramkan oleh pemerintah daerah. Sedangkan persoalan listrik tentulah harus bekerjasama dengan pihak PLN yang memang merupakan kewenangannya.

SUKADANA, SP - Kabupaten Kayong Utara mengelar debat publik Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kayong Utara tahun 2018, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kayong Utara, Sukadana, Selasa (15/5).

Debat yang diprakarsai oleh KPU Daerah Kabupaten Kayong Utara ini mengambil tema "membangun daya saing daerah menuju Kabupaten Kayong Utara yang mandiri dan sejahtera".

KPU Daerah Kabupaten Kayong Utara menyajikan tim panelis dari lembaga akademisi, di antaranya Ahmad Rabiul Muzammil, Sukardi, yang diketuai oleh Eddy Suratman dan Jumadi M sebagai moderator.

Pada salah satu sesi tanya jawab, moderator mengajukan pertanyaan yang sama kepada masing-masing kandidat Paslon, yakni jika terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati, apa terobosan yang akan dilakukan pada program air bersih, listrik dan infrastruktur jalan di Kayong Utara. 

Pasangan Calon nomor 1, Masdar dan Zulkaslim menjawab, akan memprioritaskan jalan-jalan poros yang menghubungkan dari daerah-daerah masih terbelakang. Menyangkut air bersih, harus ada PDAM. 

Sementara Paslon nomor 2, Citra Duani dan Effendi Ahmad mengatakan untuk air bersih, listrik dan jalan, akan melanjutkan apa yang telah dirintis oleh pemimpin sebelumnya. Akan mengajukan dana APBN dan APBD provinsi, guna menopang APBD Kayong Utara.

Lima kecamatan, di luar Sukadana akan secepatnya ia aliri air bersih. Infrastruktur jalan yang menghubungkan Kabupaten Kayong Utara, Perawas ke Simpang Dua, Lintas Kalimantan, akan segera dilanjutkan sampai bisa dinikmati masyarakat Kayong utara. Sementara itu, listrik untuk wilayah kepulauan, akan dilakukan kerjasama dengan pihak PLN. 

Sedangkan Paslon nomor 3, Abdul Halim dan Bukhori mengatakan, dirinya (Abdul Halim) lima tahun pernah menjabat sebagai Kepala PDAM di Kabupaten Ketapang, tentulah persoalan air bersih bukan persoalan susah.

Keduanya akan mengevaluasi kembali persoalan air bersih yang selama ini telah diprogramkan oleh pemerintah daerah. Sedangkan persoalan listrik tentulah harus bekerjasama dengan pihak PLN yang memang merupakan kewenangannya.

Sementara itu, Ketua KPU KKU, H Dedy Efendi pada kesempatan tersebut mengatakan, debat publik merupakan salah satu kampanye yang difasilitasi pihaknya. Debat publik hanya dilaksanakan satu kali dengan tema.

Karena itu, Dedy Efendy yang tidak lama lagi berakhir masa tugasnya dilembaga netral itu berharap kepada seluruh Paslon, agar dapat memanfaatkan kesempatan debat publik untuk adu program, sehingga bisa lebih meyakinkan masyarakat yang memiliki hak pilih pada 27 Juni mendatang.

“Tidak kalah pentingnya, bahwa masyarakat melalui debat publik ini bisa menilai siapa yang layak untuk dipilih sebagai pemimpin Kayong Utara lima tahun ke depan,” ujarnya.

Dedy Efendy yang sudah 10 tahun memimpin KPU KKU juga mengucapkan terimakasih kepada aparat keamanan, baik TNI/Polri termasuk masyarakat. Menurutnya, aparat dan masyarakat sama-sama mendukung sehingga pelaksanaan kegiatan Pilkada berjalan aman dan lancar dari awal hingga kini. 

“Kita harapkan semoga suasana kondusif ini dapat terus dipertahankan,” pungkasnya.

Semua Paslon Layak memimpin

Salah satu Tim Panelis, Ahmad Rabiul Muzammil mengatakan, semua Paslon layak untuk menjadi pemimpin daerah Kabupaten Kayong Utara ke depan. 

"Kita juga melihat komitmen yang kuat dari semua pasangan calon untuk melanjutkan apa yang telah dilakukan pemimpin sebelumnya. Terutama menyangkut komitmen pendidikan Ggratis 12 tahun. Semua Paslon akan melanjutkan bahkan meningkatkannya. Termasuk juga 10 Sarjana per desa," kata Muzammil. 

Ditambahkannya, dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan moderator, memang merupakan hasil kajian dari tim perumus yang merupakan kondisi real yang ada di Kabupaten Kayong Utara. 

"Sementara untuk tema, bahwa yang diangkat ini merupakan hasil kesepatan tim perumus dengan KPU Daerah Kayong Utara,' pungkasnya. (ble/pul)