Pilkades Serentak di KKU Masuki Tahap Persiapan, Bakal Calon Wajib Penuhi Persyaratan

Kayong Utara

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 214

Pilkades Serentak di KKU Masuki Tahap Persiapan, Bakal Calon Wajib Penuhi Persyaratan
Ilustrasi. (Net)
Kepala Bidang Pemerintahan Desa, , Dinas SP3APMD Andri Candra
"Jika nanti, Balon Kades yang memenuhi persyaratan kurang dari dua orang, panitia pemilihan memperpanjang waktu pendaftaran selama 20 hari"

SUKADANA, SP - Saat ini pemilihan Kepala Desa (Kades) serentak 2018 di Kabupaten Kayong Utara, sudah memasuki tahapan persiapan. Dimana sudah ada panitia pemilihan yang dibentuk oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (SP3APMD) Andri Candra mengatakan, cukup banyak tugas yang diemban panitia Pilkades tingkat desa ini.

"Di antaranya, merencanakan, mengkoordinasikan, menyelenggarakan, mengawasi dan mengendalikan semua tahapan pelaksanaan pemilihan," ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (6/7) lalu.

Setelah tahapan persiapan, selanjutnya memasuki tahapan pencalonan. Calon Kades yang akan maju, wajib memenuhi persyaratan, di antaranya berpendidikan paling rendah tamatan Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau sederajat. Dan berusia minimal 25 tahun pada saat mendaftar.

"Ada juga persyaratan yang lainnya, yakni tidak pernah menjabat sebagai Kepala Desa selama tiga kali masa jabatan," terang Andri.

Dalam hal Balon Kades yang memenuhi persyaratan, berjumlah paling sedikit dua orang dan paling banyak lima orang. Hal tersebut disiapkan panitia pemilihan, dimana bakal calon menjadi calon Kades.

"Jika nanti, Balon Kades yang memenuhi persyaratan kurang dari dua orang, panitia pemilihan memperpanjang waktu pendaftaran selama 20 hari. Jika setelah perpanjangan waktu pendaftaran masih juga kurang, bupati menunda pelaksanaan pemilihan Kades, sampai waktu yang ditetapkan kemudian.

Sementara itu, jika Balon yang memenuhi persyaratan, lebih dari lima orang, panitia melakukan seleksi tambahan dengan menggunakan kriteria pengalaman bekerja di lembaga pemerintahan, tingkat pendidikan, usia dan persyaratan lain.

"Yang tidak kalah pentingnya lagi, calon Kades yang telah ditetapkan dan diumumkan, dilarang mengundurkan diri," tukasnya. (ble/pul)

Siapkan Dana Rp1,6 Miliar

Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (SP3APMD) menyiapkan dana Rp1,6 miliar untuk pelaksanaan Pilkades Serentak 2018.

Kabid Pemerintahan Desa, Dinas SP3APMD, Andri Candra mengatakan, jumlah dana tersebut sudah dicantumkan dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) pihaknya.

"Kita harap mudah-mudahan proses Pilkades nanti dapat menghasilkan pemimpin terbaik. Kita harus kesampingkan kepentingan-kepentingan pribadi," katanya.

Ada 16 desa  dikatakan Candra yang akan melaksanakan Pilkades, yang akan diselenggarakan di 2018 ini. Desa tersebut tersebar di Kecamatan Seponti, Simpang Hilir, Sukadana dan Kepulauan Karimata.

Desa-desa yang dia maksud yakni, Padu Banjar, Gunung Sembilan, Teluk Melano, Nipah Kuning, Harapan Mulia, Sedahan Jaya, Pemangkat, Penjalaan, Wonorejo, Sungai Sepeti, Durian Sebatang, dan Pelapis, Rantau Panjang, Medan Jaya, Lubuk Batu, Telaga Arum.

"Sementara untuk tanggal kepastinya, kita masih menunggu keputusan dari bupati," pungkasnya. (ble/pul)