Aktivitas Nelayan Terganggu Bangkai Speedboat

Kayong Utara

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 170

Aktivitas Nelayan Terganggu Bangkai Speedboat
GANGGU AKTIVITAS – Keberadaan bangkai speedboat di perairan Sungai Kampung Dalam, Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Senin (9/7). Bangkai speedboat ini mengganggu aktivita nelayan sungai. (SP/Bule)
SUKADANA, SP - Terlihat empat unit speedboat karam di perairan Sungai Kampung Dalam, Sukadana, Kabupaten Kayong Utara. Diketahui, speedboat yang tenggelam sejak beberapa tahun lalu adalah milik Pemkab Kayong Utara, kendaraan operasional sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). 

Speedboat yang tengelam di sungai yang tak jauh dari TPI Sukadana, membuat aktivitas nelayan kecil terhalang. 

"Kami atas nama nelayan sangat terganggu dengan keberadaan bangkai speedboat di sungai Kampung Dalam," kata satu di antara nelayan asal Sukadana, Tengku Ardiansyah di Sukadana, Senin (9/7). 

Dia menyebutkan, dirinya termasuk sejumlah nelayan lainnya sudah sering menyampaikan keluhan ke dinas terkait, agar speedboat itu diangkat dari sungai Kampung Dalam. Hanya saja, sampai sekarang belum terlihat untuk memindahkannya.

"Kami harap kepada Pak Bupati supaya dapat memerintahkan anak buahnya," harapnya. 

Sungai Kampung Dalam, dikatakannya adalah satu-satunya akses nelayan setempat untuk keluar masuk. Sejak tenggelamnya speedboat, nelayan tak lagi dapat memasukkan perahu karena terhalang benda tersebut. 

"Perahu saya terpaksa ditambat di sungai besar, kecuali kalau airnya sangat pasang barulah perahu bisa masuk, itu pun jarang kalau nunggu air besar," jelasnya. 

Jika memang pihak pemerintah membutuhkan tenaga untuk evakuasi, ia bersama masyarakat nelayan lainnya siap untuk membantu. (ble/and)