Tiket Ganda Picu Penumpukan Penumpang Speedboat

Kayong Utara

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 166

Tiket Ganda Picu Penumpukan Penumpang Speedboat
MENUNGGU - Tampak penumpang speedboat Indo Kapuas jurusan Pontianak-Sukadana menunggu keberangkatan di Pelabuhan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, Selasa (10/7). Keberangkatan trayek ini sempat tertunda akibat speedboat rusak. (Ist)
SUKADANA, SP – Speedboat Indo Kapuas jurusan Pontianak-Sukadana, rusak, Selasa (10/7). Akibatnya, keberangkatan pun molor. Bahkan, keberangkatan yang seharusnya dari pelabuhan Kapuas Indah Pontianak, harus pindah ke Pelabuhan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya.

"Speedboat-nya rusak menunggu di Pelabuhan Rasau Jaya. Penumpang diangkut dari Pelabuhan Kapuas Indah, Pontianak menuju Rasau Jaya. Dari situ, barulah kami naik speedboat menuju Sukadana," terang satu di antara penumpang, Rahmah Idrus melalui sambungan seluler.

Rahmah Idrus, yang juga merupakan Kabid Pendidikan Non DI, Dinas Pendidikan Kabupaten Kayong Utara menerangkan, speedboat yang semulanya berangkat pukul 08.00 WIB, terpaksa molor menjadi 10.30 WIB.

Selain itu, keterlambatan ini mengakibatkan para penumpang terdampar di Rasau Jaya. 

"Gara-gara speedboat rusak, penumpang berjubel, dan berebut nomor tempat duduk yang tidak jeIas. Selain itu barang-barang juga berjibun. Tidak hanya itu, terdapat banyak pemilik tiket memiliki nomor  kursi yang sama," katanya.

Banyaknya nomor tiket ganda, membuat penumpang menjadi ramai. Dan pihak pengelola memaksakan menaikkan penumpang yang melebihi kapasitas.

"Penumpang berjibun melebihi kapasitas. Perli perhatian dari instansi terkait demi keselamatan penumpang," ujarnya.

Salah satu penyebab penumpukan, sambung Rahmah, akibat speedboat yang biasa berangkat dari Pelabuhan di Kapuas Indah terpaksa dipindahkan ke Rasau Jaya. (ble/and)