Minggu, 20 Oktober 2019


Pemkab Kayong Beasiswakan Mahasiswa Siap Kerja, Bupati Citra Hadiri pelantikan Taruna STTD

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 184
Pemkab Kayong Beasiswakan Mahasiswa Siap Kerja, Bupati Citra Hadiri pelantikan Taruna  STTD

Pemkab Kayong Beasiswakan Mahasiswa Siap Kerja, Bupati Citra Hadiri pelantikan Taruna STTD

SUKADANA, SP - Pemerintah Kabupaten Kayong Utara (Pemkab KKU), terus fokus meningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap pakai di berbagai bidang dan jurusan. Misalnya adalah langkah merintis kerja sama dengan instansi pendidikan tinggi di Indonesia.

Muoai Tahun 2019 ini, Pemkab Kayong Utara merintis kerjasama dengan Sekolah Tinggi Transportasi Darat Kementerian Perhubungan (STTD Kemenhub). Kerja sama ini dimaksudkan untuk meningkat SDM di Dinas Perhubungan (Dishub) KKU.

“Dari seleksi nasional yang telah dilalui, Alhamdulillah lulus 4 putra terbaik KKU dari 24 ribu pelamar. 2 Taruna Program D3 Jurusan Lalu Lintas Angkutan Jalan dan 2 Taruna Program D4 Jurusan Transportasi Darat,” kata Bupati KKU, Citra Duani.

Bupati Citra yang didampingi Kadis Perhubungan, Gunawan langsung hadir pada pelantikan Taruna STTD Angkatan 41 tersebut, di halaman Gedung STTD Bekasi, Jawa Barat. Ia pun mengakui bangga, bisa menyaksikan putra-putra KKU menjadi Taruna di STTD tersebut.

“Setelah selesai pendidikan, mereka akan langsung ikatatan dinas dan otomatis diangkat sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri di Dishub KKU tanpa melalui tes calon ASN lagi,” paparnya. 

Menurut Bupati Citra, mulai Tahun 2019, beasiswa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, lebih diprioritaskan tenaga yang siap pakai pada pasar kerja. Hal ini sesuai dengan jurusan ilmu dan keterampilan. Dishub KKU sendiri memang sangat membutuhkan tenaga sarjana yang berlatar belakang jurusan perhubungan, apakah itu darat, laut, maupun udara. 

“Sebab kita akui, semua ASN di Dishub KKU, tidak ada satupun yang berlatar belakang pendidikan perhubungan. Untuk itu, kerjasama Pemkab Kayong dengan perguruan tinggi yang sifatnya ikatan dinas, terus kita dorong dan perluas,” lanjut Bupati Citra.

“Khusus jurusan perhubungan, kita kerjasamakan lagi dengan Sekolah Tinggi Transportasi Laut, Sungai, Danau dan Transportasi Udara, dalam rangka mempersiapkan tenaga kerja untuk Bandara Baru Sukadana yang akan di bangun pada 2020 di  Siduk, Kecamatan Sukadana (perbatasan antara KKU dan Ketapang),” tutur Citra.

Ia pun berharap, seiring dengan peningkatan jumlah kelulusan di berbagai perguruan tinggi yang berorientasi pasar kerja, Pemkab KKU akan semakin baik melayani masyrakat. Demikian pula akan terus melakukan bimbingan tes perguruan tinggi, antara lain Sekolah Tinggi Perhubungan, STPDN, Sekolah Tinggi Perikanan, Pariwisata, termasuk yang berminat masuk kepolisian.

“Kita kerja sama dengan semua instnasi, baik Kepolisian, TNI, maupun para tutorial yang menguasai bidang masing-masing. Mereka sebagai instruktur. Kerja sama ini sangat efektif untuk meningkatkan jumlah kelulusan, karena sudah digembleng baik fisik, mental, maupun ilmu pengetahuan,” katanya.

Direktur STTD Bekasi, Eddy Gunawan menuturkan, sejak Januari 2019, pihaknya telah menyampaikan informasi ke seluruh Pemkab, baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, untuk membuka ruang dengan menjalin kesepakatan kerjasama, berupa MOU, agar putra/putri di masing-masing Kabupaten/Kota, mendapat kesempatan untuk  dididik di STTD.

“Tentunya melalui ikatan dinas, dan setelahnya bisa mengabdi di daerah asalnya. Untuk tahun pertama semester satu dan dua, Taruna Jurusan LLAJ, kita didik di STTD Mempawah dan Bali, setelah itu sampai selesai kita didik di STTD Bekasi, sementara Jurusan Transportasi Darat, dari semester satu hingga selesai, di STTD Bekasi Jawa Barat,” ujar Gunawan.

Selain itu, pihaknya juga membuka kesempatan untuk jalur mandiri (biaya sendiri) Ikatan Dinas. Dan jika selesai pendidikan, akan disebar ke daerah. Untuk angkatan ke-41 tahun 2019, sesuai dengan SK penempatan, KKU mendapat jatah 4 orang.

“Mereka merupakan Taruna dari luar KKU. Mereka akan bertugas di KKU sesuai SK penempatan,” ujar Kadishub KKU, Gunawan ST. (*)