Minggu, 17 November 2019


Banjir Ancam Kayong Utara

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 56
Banjir Ancam Kayong Utara

Bupati Kayong Utara, Citra Duani

SUKADANA, SP – Setalah dilanda musim kemarau, saat ini wilayah Kayong Utara memasuki musim penghujan. Wilayah yang dulunya kering, kini basah setelah diguyur hujan.

Kondisi ini paling tidak membantu masyarakat Kayong Utara yang saat ini masih banyak mengandalkan air hujan untuk keperluan sehari-hari mereka.

Namun di sisi lain, musim penghujan kali ini juga patut diwaspadai karena dapat menyebabkan banjir. Pasalnya, menurut Bupati Kayong Utara, Citra Duani saluran air di sepanjang ruas jalan provinsi dari Siduk, Kecamatan Sukadana menuju Kecamatan Teluk Batang banyak yang tersumbat.

"Ruas jalan provinsi sampai ke Teluk Batang itu ndak pernah ditebas, jadi saluran air benar-benar sumbat. Nah, ini jalan provinsi," kata Citra, belum lama ini.

Menurut Citra, Pemkab Kayong Utara telah bergotong-royong membersihkan saluran yang tersumbat dengan melibatkan camat dan masyarakat. Namun usaha yang dilakukan menurutnya belum maksimal. Menurut Citra sangat diperlukan pembangunan saluran air agar banjir tidak terjadi di Kayong Utara.

"Tapi kalau tidak dibantu pemerintah provinsi dengan pembangunan untuk saluran air, banjir ndak bisa kita elakan," pungkas Citra. (ble/jee)