Minggu, 17 November 2019


Serap Aspirasi Petani di Lahan Pertanian

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 83
Serap Aspirasi Petani di Lahan Pertanian

RESES – Anggota DPRD Kayong Utara, Soleh bersama petani di Desa Seponti Jaya, Kecamatan Seponti, Kabupaten Kayong Utara. Soleh memilih persawahan sebagai lokasi reses.

Lokasi persawahan menjadi pilihan Anggota DPRD Kayong Utara, Soleh sebagai tempat pelaksanaan penyerapan aspirasi masyarakat atau reses di Desa Seponti Jaya, Kecamatan Seponti, Kabupaten Kayong Utara.

Jika umumnya anggota dewan melakukan reses di dalam gedung, namun tidak bagi Soleh. Legislator Partai Hanura ini lebih memilih kawasan pertanian untuk mengumpulkan masyarakat dan mendengarkan keluhan masyarakat dari kalangan petani.

"Saya memang ingin tahu dan menyerap aspirasi yang ingin disampaikan oleh para petani dan saya sengaja menggelar reses ini di lahan persawahan," kata Soleh, belum lama ini.

Penyampaian aspirasi waktunya juga ditentukan. Soleh memilih di waktu istirahat para petani agar tidak menggangu aktifitas pertanian mereka. Berbagai macam keluhan dan harapan disampaikan oleh para petani kala itu.

"Ada yang meminta bantuan pupuk dan pestisida agar hasil panen mereka bisa berkualitas. Ada juga yang meminta bantuan alat-alat pertanian," kata Soleh.

Melalui reses yang dilakukan, Soleh mengaku banyak masukan yang didapatnya, terlebih di DPRD Ketapang, Soleh duduk di komisi yang membidangi pertanian.

"Semoga apa yang menjadi keinginan masyarakat, khususnya para petani bisa saya penuhi selaku wakil rakyat," ujarnya.

Salah seorang petani yang menghadiri reses, Amir menyambut baik serapan aspirasi yang dilakukan Soleh di desanya. Ia juga mengaku baru kali ini melihat ada anggota dewan yang mendengarkan masukan petani di persawahan.

"Semoga bisa menyuarakan keinginan kami yang mana selama ini belum pernah terealisasi," harap Amir.

Menurut Amir, masyarakatdesanya sudah sering mengusulkan bantuan alat pertanian, namun ridak pernah terealisasi.

“Alat pertanian ini sangat diperlukan masyarakat untuk mempermudah pekerjaan di sawah,” ungkapnya. (syarif muhammad/jee)