Jumat, 06 Desember 2019


Pelajari Pengelolaan Organisasi Perangkat Daerah dan Pariwisata

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 60
Pelajari Pengelolaan Organisasi Perangkat Daerah dan Pariwisata

Penjelasan – Bagian Sekertariat DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta memberikan penjelasan kepada Wakil Ketua DPRD Kayong Utara, Abdul Zamad dan dua anggota dewan lainnya, Abdul Muis dan Bung Tomo. ist

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kayong Utara melakukan studi banding terkait Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ke ke Sekertariat DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta.

Anggota DPRD Kayong Utara yang melakukan kunjungan ke Sekertariat DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Abdul Zamad yang menjabat Ketua DPRD Kayong Utara bersama dua anggota dewan lainnya yakni Abdul Muis dan Bung Tomo.

"Kami sengaja mengunjungi Yogyakarta untuk menjadi acuan, mengingat saat ini di DPRD Kayong Utara sedang dibentuk Panitia Khusus (Pansus) Peraturan Daerah (Perda) OPD dan saya selaku Ketua Pansus melihat Yogyakarta memiliki kekhususan dalam pembinaan OPD," terang Abdul Zamad di Sukadana, Minggu (24/11).

Keistimewaan inilah yang menurut dia menjadi acuan pihaknya agar Pansus melakukan studi banding ke Yogyakarta untuk nantinya mendapat bahan tambahan dalam penyusunan Perda tentang OPD.

Selain mengenai pembinaan OPD, anggota dewan juga melihat langsung menganai pengelolaan pariwisata yang dialakukan oleh pemerintah Yogyakarta. Abdul Muis mengaku kagum dengan pengelolaan sektor pariwisata yang dilakukan, salah satunya pengelolaan kampung wisata yang dikunjungi oleh para anggota dewan.

"Saya berkunjung ke Kampung Wisata. Di sana hampir semua rumah jadi tempat penjualan kerajinan-kerajinan khas Yogyakarta," terangnya.

Melihat potensi ini, ia berencana akan kembali mengunjungi Yogyakarta bersama dinas terkait untuk meningkatkan pengembangan pariwisata di Kayong Utara.

 “Kita tentunya harus belajar dan menggali ilmu di daerah yang pengelolaan pariwisatanya sudah sangat baik, salah satu wilayahnya ada di Yogyakarta,” pungkasnya. (syarif muhammad/jee)