Rabu, 29 Januari 2020


ASN di Kayong Utara Diduga Bermain Proyek

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 727
ASN di Kayong Utara Diduga Bermain Proyek

Kantor Dinas PUPR Kayong Utara

SUKADANA, SP - Ketua Lembaga Pengawal Pelaksana Pembangunan Kabupaten Kayong Utara (LP3KKU) Abdul Rani menduga banyak oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Kayong Utara, terutama di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) yang bermain proyek.

Akis mereka menurut Abdul Rani ada yang dilakukan sembunyi-sembunyi dan ada yang secara terang-terangan. Padahal menurut dia, pemerintah telah mengeluarkan PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS, terutama dalam usaha swasta.

Kendati dalam pratiknya saat pelaksanaan proyek para ASN menggunakan nama orang lain, namun aliran dana yang ditarik setelah proyek selesai dikerjakan mengalir ke oknum-oknum pejabat tersebut.

“Mereka bermain sangat cantik dan sudah paham betul, kuat dugaan oknum PNS  melakukan kegiatannya dengan memberikan dan mengarahkan proyek ke orang lain untuk mengerjakannya untuk mengambil keuntungan pribadi," terang dia, Kamis (12/12).

Dengan kondisi ini, ia berharap Bupati Kayong Utara membuat regulasi larangan PNS bermain proyek. Supaya kinerja mereka berjalan sesuai dengan aturan dan PNS fokus pada tugas sebagai pelayan masyarakat dan sebagai abdi negara.

Sementara itu, Plt Kadis PUTR, Tommy Junaidi berterima kasih adanya kritikan dari masyarakat dan LSM. Kritikan tersebut akan segera ditindaklanjuti dengan melakukan investigasi untuk melihat sejauh mana keterlibatan oknum PNS di tempatnya bertugas.

"Ini sangat bagus, sehingga ada kontrol dan pengawasan yang dilakukan masyarakat. Saya akan segera menindaklanjuti dan melakukan investigasi menyangkut informasi dari masyarakat," terang Tommy.

Ia berharap masyarakat, LSM, termasuk awak media bisa memberikan informasi terkait dugaam permainan proyek oleh oknum PNS. Tommy juga meminta masyarakat serta lembaga lainnya bisa melaksanakan pengawasan setiap tahunnya.

"Semoga ini bisa dilakukan setiap tahun, sehingga apa yang telah dibuat oleh dinas benar-benar terlaksana dengan baik," tukasnya. (ble/jee)