Festival Kerajaan Matan Tanjungpura ke V Dibuka

Ketapang

Editor sutan Dibaca : 822

Festival Kerajaan Matan Tanjungpura ke V Dibuka
Asisten II Setda Ketapang, Farhan membunyikan benda pustaka kerajaan, yakni meriam di Halaman Kerajaan Matan Tanjungpura Ke- V, Minggu (15/5). SUARA PEMRED/ THEO BERNADHI
Festival Kerajaan Matan Tanjungpura ke-V diharapkan dapat terus melestarikan budaya dan sekaligus mempersiapkan industri pariwisata di Kabupaten Ketapang. Kegiatan ini  diselenggarakan di Kerajaan Matan Tanjungpura Ketapang ini, dihadiri sejumlah pemangku kerajaan, serta pejabat daerah Ketapang, di antaranya Sultan Banjar, Sultan Palembang Darusalam yang juga sebagai Ketua Umum Yarasutra dan Permaisuri, Kerajaan Landak, Raja Sanggau, Putra Mahkota Sultan Pontianak, Pewaris Kerajaan Matan Tanjungpura, Dandim 1203 Ketapang, Kapolres Ketapang, Asisten II Setda Ketapang.

Pangeran Ratu Kartanegara, Gusti Kamboja mengaku senang atas kedatangan para tamu undangan tersebut, menurutnya kahadiran para raja dan sultan semakin menambah kemeriahan Festival Kerajaan Matan.

"Ke depan kita akan meningkatkan kegiatan ini lebih besar lagi dengan harapan, tidak hanya untuk melestarikan budaya tetapi sekaligus mempersiapkan industri pariwisata di Ketapang, agar lebih baik," ungkapnya, Minggu (15/5).

Dikatakannya, ada sejumlah perbedaan antara pelaksanaan festival tahun ini dengan sebelumnya, yakni dalam bentuk pemberian penghargaan kepada tiga tokoh budaya sekaligus di antaranya Melayu, Dayak dan Tiongh
oa.  
"Pemberian penghargaan akan kita perbanyak lagi, terlebih respon Pemkab Ketapang sangat baik dalam membantu kegiatan ini, sehingga dapat berjalan dengan sukses dan lebih besar lagi," tuturnya.

Sementara, Bupati Ketapang, Martin Rantan yang diwakili Asisten II Setda Ketapang, Farhan mengapresiasi kegiatan ini. Pemda Ketapang, tambahnya telah berkomitmen akan terus mendukung pelaksanaan kegiatan, agar dapat semakin besar dan meriah.
"Masukan dari sejumlah pihak, terkait kegiatan ini akan kita bahas, agar ke depannya berjalan dengan maksimal,” terangnya.

Menurut Farhan, sudah sepatutnya kegiatan ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Ketapang, karena dihadiri oleh para raja dan sultan se-Kalimantan dan nusantara.
"Harapan kita kegiatan tetap berjalan lancar, sukses dan aman. Untuk tahun depan, semoga terlaksana semakin besar dan meriah," harapnya. (teo/bob/sut)