Rabu, 23 Oktober 2019


Kapal Bermuatan Pupuk Tenggelam di Perairan Kendawangan

Editor:

Soetana Hasby

    |     Pembaca: 1376
Kapal Bermuatan Pupuk Tenggelam di Perairan Kendawangan

Ilustrasi

KETAPANG, SP – Kapal kargo yang mengangkut pupuk Gresik, menuju Pontianak, tenggelam di wilayah utara Pulau Cabe, perairan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Kejadian itu diketahui Search And Rescue  (SAR) Ketapang setelah mendapatkan informasi dari pemilik kapal.

“Kita dapat info dari pemilik kapal,” ujar Kepala Pos SAR Ketapang Kamel, Minggu (4/12).

Upaya penyelamatan langsung dilakukan Pos SAR Ketapang, dan berhasil mengevakuasi kru kapal barang yang terbawa arus ke kawasan Tanjung Batu.

“Kitapun langsung bergegas menuju lokasi kejadian. Posisi para korban sudah dibawa arus hingga ke daerah Tanjung Batu," ungkap Kamel.

 Ditegaskan Kamel, dalam kejadian tenggelamannya kapal  kargo bermuatan pupuk itu, tidak ada korban jiwa. Enam anak buah kapal beserta kapten kapal, berhasil diselamatkan.

Dari kejadian tenggelamnya kapal, pada Kamis (1/12) lalu, Kamel meminta para penyedia jasa transportasi air yang melalui perairan Ketapang untuk waspada dan memeriksa kondisi kapal, sebelum berlayar.

“Kita minta agar mengecek kesiapan dan kondisi kapal sebelum berangkat. Agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi . Apalagi kondisi cuaca yang kerap berubah-ubah saat ini," pungkas Kamel. (teo)