JPU Ketapang Tuntut Terdakwa Mashadi 5 Tahun Penjara dan Denda Rp 150 Juta

Ketapang

Editor sutan Dibaca : 1212

JPU Ketapang Tuntut Terdakwa Mashadi  5 Tahun Penjara dan Denda Rp 150 Juta
Ilustrasi
KETAPANG, SP - Jaksa Penuntut Umum (JPU), Kejaksaan Negeri (Kejari) Ketapang menuntut Mashadi 5 tahun penjara dan denda Rp 150 juta, serta diwajibkan membayar kerugian negara Rp 687.370.000. Mashadi adalah  terdakwa kasus penyimpangan dana santunan pensiun Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pensiun janda serta duda PNS, Setda Ketapang, pada 2013, 2014, 2015.

Kasi Pidsus Kejari Ketapang, Zulkhaidir mengatakan, terdakwa ini memang terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melanggar pasal 8 Jo pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Korupsi, Jo Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001.

"Terdakwa juga diwajibkan membayar uang penganti kerugian negara
tersebut, paling lama 1 bulan setelah vonis atau putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap," kata Zulkhaidir.


Bila sampai waktu tersebut terdakwa tidak bisa mengganti, maka jaksa berhak menyita harta benda terdakwa untuk kemudian dilelang. Namun jika harta benda terdakwa tidak mencukupi membayar uang pengganti, maka diganti pidana penjara selama 2 tahun.

Ia menjelaskan, yang menjadi dasar pihaknya dalam melakukan penuntutan terhadap yakni, hal-hal yang memberatkan lantaran perbuatan terdakwa bertentangan dengan program pemerintah dalam pemberantasan
tipikor, kedua akibat perbuatan terdakwa terjadi kerugian negara.

"Pertimbangan yang meringankan karena terdakwa belum pernah dihukum, sopan selama persidangan, dan merupakan tulang punggung keluarga," jelasnya.

Zul menegaskan, pihaknya komitmen dalam memberantas
tipikor di Ketapang, dan komitmen memberikan tuntutan tegas terhadap pelaku tindak pidana korupsi yang terbukti bersalah.

"Jadi dalam penuntutan kita komitmen memberikan sanksi tegas dengan melihat fakta persidangan seperti apa, pasal apa yang terbukti," tegasnya. (teo/loh)


Baca Juga:
Kajari KH: Enam Kasus Tipikor Tunggu Disidangkan
Kabar Gembira, Pekan Depan Gaji Pegawai di Ketapang Cair 
Pemkab Anggarkan Rp 14,7 Miliar Untuk Jaringan Listrik 3 Desa

Komentar