BMKG Ketapang: Gelombang Tinggi di Selat Karimata dan Ketapang

Ketapang

Editor Soetana hasby Dibaca : 1133

BMKG Ketapang: Gelombang Tinggi di Selat Karimata dan Ketapang
Ilustrasi
KETAPANG, SP - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kelas III Rahadi Oesman Ketapang memperkirakan akan terjadi gelombang tinggi di Selat Karimata dan perairan Ketapang dalam tiga hari ke depan. Para nelayan, khususnya nelayan tradisional imbau tidak melaut.

"Perkiraan kita, tiga hari ke depan cuaca di Ketapang akan dilanda hujan disertai petir," kata Kepala Stasiun BMKG Ketapang, Nur Alim, Minggu (29/1).

Menurut Nur, kondisi cuaca tersebut berpotensi memicu terjadinya gelombang tinggi di Selat Karimata dan perairan Ketapang. BMKG Ketapang  mengimbau kepada para pengguna jasa transportasi air, nelayan serta masyarakat umum lainnya untuk waspada.

"Kalau dilihat cuaca sudah berubah, lebih baik jangan dulu berlayar atau melaut. Tapi jika sudah terlanjur maka harus tetap waspada,” katanya.

Diingatkannya, bagi nelayan tradisional yang menggunakan kapal kecil sebisa mungkin menepi ketika kondisi cuaca hujan dan petir di laut. “Karena bisa berpotensi memicu gelombang mencapai satu meter," imbuh Nur Alim. (teo)

Baca Juga:
Korsleting Pemicu Kebakaran, Ini Penjelasan PLN
Menyiasati Maraknya Perdagangan Lelong di Sambas
Imigrasi Awasi Warga Asing di Perayaan Imlek dan Cap Go Meh Singkawang