Sambut Ramadan, Ribuan Pelajar Ikuti Pawai Taaruf

Ketapang

Editor Kiwi Dibaca : 563

Sambut Ramadan, Ribuan Pelajar Ikuti Pawai Taaruf
PAWAI TAARUF – Ribuan pelajar peserta Pawai Taaruf dilepas secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Ketapang, HM Masyur didampingi Asisten II Setda dan Pengurus PHBI Ketapang, Kamis (25/5). HUMAS
KETAPANG, SP - Menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1438 Hijriah, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Ketapang menggelar Pawai Taaruf yang diikuti ribuan pelajar SD/SMP/SMA/Madrasah dan Pondok Pesantren se Kabupaten Ketapang, Kamis (25/5).

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Ketapang, HM Mansyur mewakili Bupati Ketapang melepas peserta Pawai Taaruf di Halaman Masjid Agung Al Ikhlas Ketapang. Kegiatan ini, dihadiri pula Ketua MUI Kabupaten Ketapang, Faisal Maqsun, Ketua PHBI, H Mat Noor, Ketua Yayasan Masjid Al Ikhlas, Asisten II Setda Ketapang, Farhan, para alim ulama dan masyarakat.

Ketua PHBI Ketapang, Mat Noor dalam sambutannya mengatakan, Pawai Taaruf adalah kegiatan yang rutin setiap tahun dilaksanakan menjelang masuknya bulan Ramadan

"Tujuan dilaksanakan Pawai Taaruf,  selain sebagai bentuk untuk mengungkapkan rasa gembira datangnya bulan Ramadan. Kegiatan ini juga untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan umat Islam," kata Mat Noor.

Menurutnya, dalam meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT  di bulan Ramadan, selain menunaikan ibadah puasa, umat Islam pada dasarnya mesti melaksanakan ibadah sunah lainnya.

"Kita berdoa semoga memasuki bulan Ramadan ini, kita diberikan kesehatan keberkahan dari Allah SWT," kata Mat Noor.

Sementara itu, untuk penetapan awal puasa, pihaknya masih menunggu pengumuman resmi dari pemerintah  dalam hal ini Kementerian Agama RI tentang Penetapan Awal Ramadan 1438 Hijriah.

Bupati Ketapang, Martin Rantan dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Ketapang, HM Mansyur mengatakan, Pawai Taaruf dilaksanakan untuk menyambut datangnya bulan Ramadan, yakni bukan yang penuh berkah rahmat dan ampunan. Disamping itu, untuk meningkatkan syiar agama Islam serta silaturahmi, sehingga kecintaan terhadap hari besar Islam tetap dipertahankan, guna meningkatkan persatuan dan kesatuan juga sebagai hiburan bagi masyakat.

“Saya imbau kepada umat Muslim agar melaksanakan ibadah dengan penuh keimanan dan ketaqwaan serta keikhlasan, semata mengharapkan ridho Allah SWT.

"Mari kita jaga lingkungan dari segala bentuk kemaksiatan dan kemungkaran, seperti judi, prostitusi, narkoba dan tindakan kriminal lainnya," ujar Mansyur

Kepada umat yang tidak menjalankan ibadah puasa, dirinya mengimbau tetap menjaga toleransi dengan menghormati umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa.
Setelah dilepas secara resmi, ribuan peserta yang masih duduk dibangku sekolah tersebut secara tertib berjalan mengikuti rute Pawai Taaruf yang dipandu oleh Satlantas Polres Ketapang bersama panitia, orangtua murid dan tenaga kesehatan Dinkes Ketapang. (teo/bob/pk)