Ratusan Desa Belum Teraliri Listrik

Ketapang

Editor Kiwi Dibaca : 457

Ratusan Desa Belum Teraliri Listrik
ilustrasi
KETAPANG, SP - Manager Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Ketapang, Sumarsono mengaku terus berkomitmen menambah desa berlistrik di wilayah Kabupaten Ketapang. Dari 253 total desa yang ada, baru 118 desa di Ketapang yang teraliri listrik.

"Kita terus berkomitmen menambah desa berlistrik, bahkan menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia ini, PLN Area Ketapang akan menjalankan program di Desa Semandang Hulu, Kecamatan Simpang Hulu. Ini sebagai bentuk apresiasi penantian panjang masyarakat menikmati listrik," ungkapnya, Kamis (17/8).

Ia melanjutkan, melalui PLN Rayon Sandai, pihaknya sudah melakukan persiapan untuk mengaliri listrik di desa tersebut, untuk disuplai PLTD Balai Bekuak yang saat ini masih beroperasi selama 14 jam.

"Kita terus memperluas jangkauan listrik dengan membangun gardu induk dan transmisi untuk terus menambah desa berlistrik," katanya.

Saat ini diakuinya baru sekitar 66 persen desa berlistrik dari total 100 persen rasio yang ingin dicapai pihaknya. Untuk itu, ia berharap kerjasama masyarakat dalam menunjang program PLN yang ingin mencapai rasio 100 persen desa berlistrik di wilayah Ketapang.

"Masyarakat kita minta kerjasamanya, minimal dengan merelakan tanaman atau tumbuh milik masyarakat yang berpotensi menganggu kontinuitas suplai listrik serta melakukan penghematan pemakaian listrik," mintanya.

Selain itu, Sumarsosno mengatakan, PLN Wilayah Kalimantan Barat (Kalbar) juga memiliki program yang sama dengan PLN Area Ketapang, yakni mengaliri listrik ke sejumlah desa.

"Kita berharap program yang dilakukan dapat terus berjalan dengan lancar, sehingga seluruh masyarakat bisa menikmati listrik," tuturnya. (teo/bob)