Puluhan Pelajar Wanita Ikuti Seleksi Tim Pertiwi Cup

Ketapang

Editor Kiwi Dibaca : 315

Puluhan Pelajar Wanita Ikuti Seleksi Tim Pertiwi Cup
CINDERAMATA - Bupati Ketapang Martin Rantan menerima cindera mata dari anak-anak Ketapang pada peringan Hari Anak Nasional di Pendopo Bupati Ketapang, Sabtu (16/9).
KETAPANG, SP - Puluhan pelajar wanita mengikuti seleksi pemain sepak bola wanita yang akan mewakili Kalimantan Barat (Kalbar) untuk mengikuti turnamen berskala nasional Pertiwi Cup 2017. Kegiatan seleksi pemain sepak bola perempuan yang berlangsung di Stadion Tantemak Ketapang ini dimulai sejak Jumat (15/9) sore dan dibuka secara resmi oleh Bupati Ketapang Martin Rantan dan dihadiri Kepala SKPD, Asosiasi Pengkab PSSI Ketapang, serta pengurus KONI Ketapang. Maria Magdalena Lili, Ketua Panitia Seleksi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya pengembangan dan peningkatan prestasi sepakbola wanita khususnya di Kabupaten Ketapang.

"Peserta seleksi para pelajar ini merupakan cikal bakal putri Ketapang mewakili Kalbar untuk mengikuti piala pertiwi di tingkat nasional," kata Maria yang juga merupakan legislator Partai Golkar ini. Ia menjelaskan, seleksi yang dilaksanakan untuk Kabupaten Ketapang, akan disampaikan ke tingkat Provinsi Kalimantan Barat untuk kemudian bersama dengan kabupaten dan kota akan melaksanakan seleksi yang sama.

"Khusus Kabupaten Ketapang seleksi pemain bola putri ini sampai akhir bulan September masih menerima dan bagi yang berminat masih terbuka kesempatan," tuturnya. Ia menerangkan, setelah seleksi dilaksanakan, selanjutnya akan dilakukan sparing fatner dengan tim sepak bola wanita bahkan tim sepak bola pria. Hal ini dilakukan karena Kalbar di tingkat nasional belum menjadi perhatian karena sepak bola wanita masih minim prestasi.

"Kami sudah datang ke PSSI pusat dan kami sampaikan bahwa Kalbar siap mengikuti turnamen Pertiwi Cup Tahun 2017," terangnya. Sementara itu, Bupati Martin Rantan, SH mengatakan dirinya sengaja datang dalam pembukaan kegiatan karena ingin menyaksikan dari dekat para pemain muda yang ingin mengikuti seleksi menjadi pemain dalam tim sepak bola wanita asal Ketapang yang mewakili Kalbar.

"Silahkan berlatih untuk menjadi yang terbaik sehingga bisa masuk tim untuk berlaga membela nama daerah Ketapang," kata bupati. Menurutnya pemerintah Kabupaten belum bisa menjanjikan apa-apa terhadap para pemain yang bisa mewakili Ketapang, karena saat ini Dispora baru terbentuk, demikian juga dengan KONI yang kepengurusannya baru dilantik, sehingga kinerja belum maksimal dalam melakukan pembinaan di setiap cabang olah raga.

Bupati melihat peristiwa seleksi pemain sepak bola wanita di Ketapang merupakan sejarah baru dan dirinya merasa senang sekaligus bangga terhadap para atlet muda yang sungguh sungguh berlatih untuk meraih perestasi. "Untuk menjadi juara nasional berat tetapi jalan untuk itu sudah ada dengan memulai saat sekarang dan dari hal yang sederhana," ujarnya.  

Bupati mengharapkan kepada para atlet yang umumnya pelajar SMA yang berasal dari berbagai kecamatan dalam mencapai prestasi khsusnya olah raga jangan sampai meninggalkan pelajaran di sekolah. Selain itu juga kepada para pemain sepak bola wanita, dalam berlatih dan bermain agar selalu menjunjung tinggi sportifitas, kekompakan untuk menjaga kebersamaan sesama pemain sepak bola.

"Jangan sampai terjadi pertikaian junjung sportifitas utamakan tim karena kalian merupakan satu kesatuan jangan sampai egonya yang muncul karena membawa nama daerah," tukasnya. (teo/pk/ind)