Penuntasan Kasus Kayu Ilegal di Ketapang Terkendala Karena Ini

Ketapang

Editor K Balasa Dibaca : 572

Penuntasan Kasus Kayu Ilegal di Ketapang Terkendala Karena Ini
DISITA - Ratusan kayu belian sitaan Polres Ketapang, Senin (20/11). (SP/Teo)
KETAPANG, SP - Polres Ketapang berhasil mengamankan 320 batang kayu belian ukuran 8x16 dan 42 batang kayu meranti berukuran 15x25. Kayu-kayu ini dibawa menggunakan tiga buah truk, di daerah Kecamatan Sandai, pekan lalu.

Kendati demikian, Kasat Reskrim Polres Ketapang, AKP Rully Robinson Polli mengakui masih kesulitan menuntaskan kasus-kasus seperti ini. Akibat tidak ada lagi Dinas Kehutanan di Kabupaten Ketapang, untuk mengecek langsung ke TKP.

"Kehutanan provinsi sudah kita surati tapi sampai sekarang belum ada jawaban, selama ini kendalanya memang ini, prosesnya lama. Jadi sementara sambil menunggu jawaban pihak kehutanan dan menunggu pengecekan tunggul kayu, barang bukti berupa ratusan kayu dan tiga truk kita amankan di Mapolres Ketapang," tegasnya.

Kapolres Ketapang, AKBP Sunario mengatakan kalau dirinya komitmen memberantas illegal logging di wilayah hukum Polres Ketapang. Bahkan dirinya sejak awal bertugas, sudah memperingatkan seluruh anggotanya agar tidak terlibat dalam kegiatan haram tersebut.

Saat ini pihaknya sudah beberapa kali menindak kasus pembalakan liar, bahkan beberapa  sudah ditindak lanjuti di Pengadilan Negeri (PN) Ketapang. (teo)