Tingkatkan Kemampuan Fisik dan Jiwa Korsa, 60 Anggota Manggala Agni Ikuti Jungle Survival

Ketapang

Editor Andrie P Putra Dibaca : 226

Tingkatkan Kemampuan Fisik dan Jiwa Korsa, 60 Anggota Manggala Agni Ikuti Jungle Survival
JUNGLE SURVIVAL - Jungle survival yang digelar Manggala Agni Daops Ketapang. (ist)
KETAPANG, SP - Manggala Agni Daops Ketapang menggelar kegiatan Jungle Survival atau bertahan hidup di hutan yang dilaksanakan sejak Selasa (12/12) hingga Jumat (15/12) malam, di Pantai Pasir Mayang, Desa Pampang Harapan, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara.

Kegiatan ini bertujuan selain melatih kemampuan fisik dan memperat kebersamaan anggota.

"Makanya kita laksanakan kegiatan Jungle Survival selama tiga hari yang mana dalam kegiatan para anggota Manggala Agni hanya dibekali perlengkapan yang cukup tanpa ada bahan makanan," ungkap Kepala Manggala Agni Daops Ketapang, Rudi Windra Darisman, Minggu (17/12).

Pada hari pertama kegiatan, sebanyak 60 anggota menjalani kesamaptaan dan olah fisik sangat berat di bawah sinar matahari. Dilatih bagaimana melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan dan dilanjutkan dengan membuat bivak dengan perlengkapan seadanya dan menggunakan bahan yang ada sekitar.

"Pada hari pertama mereka hanya diberi sarapan dua buah pisang rebus tanpa air minum hingga pukul 18.00 WIB," ujarnya.

Selain kegiatan fisik, para anggota juga diajarkan navigasi darat di malam hari serta teknik-teknik bertahan hidup di hutan. Namun disela-sela kegiatan hal yang tidak kalah pentingnya para anggota mendapatkan pencerahan ESQ tanpa mereka sadari

Di hari terakhir, para peserta melakukan long march dari Pantai Pasir Mayang menuju Pantai Pulau Datok melalui jalur pantai, tebing dan bukit di sepanjang jalurnya.

Satu di antara anggota Manggala Agni Daops Ketapang, Efendi mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan yang digelar.

"Pada kegiatan kami dilaparkan dan harus tetap melaksanakan latihan berat sebagai bekal untuk bekerja di lapangan, dari sini kami sadar banyak nikmat yang harus kami syukuri," ungkapnya. (teo)