Polres Tetapkan Dua Pemilik TPK Sebagai Tersangka

Ketapang

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 167

Polres Tetapkan Dua Pemilik TPK Sebagai Tersangka
Ilustrasi. Net
KETAPANG, SP - Kepolisian Resort Ketapang mengamankan dua tersangka Olwan (36) dan Ismayadi (33) pemilik dua Tempat Pengolahan Kayu (TPK) di Dusun Riam Bunut, Desa Riam Bunut, Kecamatan Sungai Laur, kemarin.

Kapolres Ketapang, AKBP Sunario mengatakan, pihaknya mendapat informasi dari warga mengenai keberadan salah satu TPK yang diduga ilegal. Dari informasi tersebut dirinya langsung memerintahkan anggotanya untuk melakukan pengecekan di lapangan.

"Dari pengecekan tersebut, anggota berhasil menemukan dua TPK yang berbeda di Kecamatan Sungai Laur," ungkapnya.

Ia melanjutkan, saat pengecekan pihaknya berhasil mengamankan 243 batang kayu balok berbagai jenis mulai dari kayu meranti, kayu pakit, kayu tengkawang, kayu keluntan, kayu sengkuang daun terdiri berbagai ukuran mulai dari ukuran 15x15, 15x20, 15x25, 15x30 serta 20x20 di TPK milik saudara ON (36). Dan berhasil mengamankan 101 batang kayu berbagai ukuran mulai dari 15x15, 15x20, 15x25, 15x30 dan 20x20 di TPK milik Ismayadi.

"Dari pengakuan keduanya kalau kayu-kayu tersebut berasal dari pembukaan lahan areal perkebunan PT MBK, namun keduanya kita amankan lantaran saat diperiksa tidak dapat menunjukkan dokumen-dokumen kepemilikan kayu," ungkapnya.

Saat ini keduanya dikenakan Pasal 12 Huruf e UUD Kehutanan Nomor 18 Tahun 2013 dengan ancaman lima tahun penjara.

"Untuk barang bukti kita amankan ke Polsek Laur karena untuk dibawa ke Mapolres Ketapang terkendala jarak tempuh dan akses jalan yang sedang tidak bagus," tuturnya. (teo/bob)

Komentar