Rakor Pengawasan Pemerintah, Bupati Ketapang: Jangan Takut Bertindak Tegas

Ketapang

Editor Andrie P Putra Dibaca : 248

Rakor Pengawasan Pemerintah, Bupati Ketapang: Jangan Takut Bertindak Tegas
Rakor Bidang Pengawasan Pemerintah Kabupaten Ketapang tahun 2018, Kamis (11/1). (ist)
KETAPANG, SP - Pengawasan merupakan salah satu pilar pembangunan. Terutama dalam penerapan kaidah-kaidah hukum yang harus ditaati, sebagaimana diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Ketapang, Martin Rantan saat membuka Rakor Bidang Pengawasan Pemerintah Kabupaten Ketapang tahun 2018, yang dihadiri seluruh pimpinan SKPD bertempat di lantai III ruang rapat Kantor Bupati Ketapang, Kamis (11/1).

"Terkait temuan-temuan pemerikasaan maka saya tekankan kepada seluruh kepala organisasi perangkat daerah untuk lebih responsif dalam upaya penyelesaian tindak lanjut temuan hasil pemeriksaan," kata Bupati.

Tindakan tegas dimaksudkan, termasuk tidak segan untuk mengambil tindakan bagi pihak penyedia jasa yang tidak menindaklanjuti hasil rekomendasi audit. Sehingga menyebabkan kerugian finansial dengan memasukkan nama dalam daftar hitam sebagai mana diatur dalam Perka LKPP  dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Menurutnya, pelaksanaan tugas pengawasan  oleh Inspektorat Kabupaten Ketapang saat ini masih terkendala terbatasnya jumlah persone. Pemeriksa sementara obyek sasaran yang harus diawasi jumlahnya banyak, dan wilayahnya luas. Sehingga kondisi ini memang tidak ideal,

“Oleh karena itu perlu dilakukan upaya-upaya penguatan,” ujarnya. (pk/teo)