Target Swasembada Jagung di Ketapang, AMI Komit Bantu Pemerintah

Ketapang

Editor K Balasa Dibaca : 433

Target Swasembada Jagung di Ketapang, AMI Komit Bantu Pemerintah
epala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura, Akhmad Humaidi saat diwawancarai wartawan, Jumat (26/1). (SP/Teo)
KETAPANG, SP - Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Ketapang berharap dapat swasembada jagung pada tahun 2018 ini. Harapan ini seiring dengan target pemerintah pusat agar  Kalimantan Barat  dapat menanam jagung dengan total luas sejuta hektare.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura, Akhmad Humaidi mengatakan, target tersebut jika dibagi rata seluruh kabupaten/kota di Kalbar, di Ketapang harus sekitar 100 ribu hektare lahan untuk menanam jagung tahun 2018 ini.

"Kita ditargetkan sekitar 100 ribu hektare hanya saja yang mampu kita realisasikan 10 ribu hektare saja," ungkapnya, Jumat (26/1).

Hal tersebut bukan lantaran tak ada lahan, melainkan diminta untuk melakukan penanaman Perluasan Areal Tanam Baru (PATB). Kendalanya, tidak ada tenaga untuk pengerjaan serta tak ada alat.

Bak gayung bersambut, target ini didukung oleh Anak Muda Indonesia (AMI) Ketapang.

Ketua AMI Ketapang, Suhanadi mengatakan pihaknya berkomitmen dalam membantu mewujudkan program pemerintah Jokowi dalam mencapai swasembada pangan salah satunya jagung.

Bentuk dukungan pihaknya dengan turut menyosialisasikan program pemerintah termasuk tanaman jagung kepada masyarakat dan kelompok tani. Sehingga petani-petani yang ada termotivasi untuk menggarap lahan melalui bantuan pemerintah.

"Kita sudah bergerak seperti ke Desa Suka Mulia, Kecamatan Sungai Melayu Rayak sudah ada kita dorong membuka lahan, tentu ke depan kita akan terus membantu agar program ini bisa terealisasi," pungkasnya. (teo)