Bupati Ketapang: Tugu Perdamaian Milik Semua Masyarakat

Ketapang

Editor K Balasa Dibaca : 567

Bupati Ketapang: Tugu Perdamaian Milik Semua Masyarakat
Bupati Ketapang, Martin Rantan, foto bersama dengan perwakilan etnis dan tokoh adat yang ada di kabupaten tersebut, Rabu (7/2). (SP/Teo)
KETAPANG, SP - Bupati Ketapang, Martin Rantan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus menjaga keamanan dan kondusifitas. Hal tersebut disampaikan pada saat ritual adat penggantian tempayan Tugu Tolak Bala sekaligus pembacaan SK penetapan tugu tersebut sebagai Tugu Perdamaian seluruh masyarakat Ketapang, Rabu (7/2) siang.

Martin sempat menceritakan, dirinya sempat mendapat pesan melalui handphone dan melihat media sosial mengenai tindak lanjut dipecahkannya Tajau oleh seseorang yang sempat beredar hal-hal provokatif yang bisa berdampak negatif di media sosial.

"Saya jawab pesan yang disampaikan soal Tajau kalau tajau pecah kita ganti. Pak Kapolres juga ada telepon menyampaikan di medsos beredar kabar yang bisa memanaskan situasi. Jadi saya minta polisi cepat menangkap pelakunya karena kita ingin daerah kita selalu aman dan kondusif," tuturnya.

"Kita bersyukur Polres cepat menangkap pelakunya dan setelah diselidiki pelakunya melakukan tanpa perintah dan atas perbuatannya sendiri," lanjutnya.

Ia melanjutkan, tugu ini pada 2001, dijadikan tempat berikrar damai semua etnis di Ketapang, setelah terjadi kerusuhan di beberapa daerah.

"Kenapa hari ini kita undang tokoh adat, suku dan agama supaya mengingatkan kembali pada tahun 2001 lalu, dan saat ini Pemda telah menetapkan tugu ini sebagai Tugu Perdamaian masyarakat Ketapang, sehingga tugu bukan hanya untuk masyarakat Dayak, Melayu, Madura, Tionghoa dan lainnya melainkan tugu untuk semua masyarakat Ketapang yang multi etnis dan agama," tuturnya.

Untuk itu ia berharap, semua masyarakat dapat menjaga kebersamaan dan keberagaman dan tidak melakukan hal-hal yang tidak diinginkan. Misalkan sedikit-sedikit mengatasnamakan suku atau agama.

"Dengan keadaan aman, damai dan kondusif tentunya Pemda akan dapat melaksanakan proses pembangunan sehingga Ketapang akan terus maju dan masyarakatnya akan sejahtera," tutupnya. (teo)