Terdakwa Korupsi DAK Disdik Disidang

Ketapang

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 226

Terdakwa Korupsi DAK Disdik Disidang
Ilustrasi. Net
KETAPANG, SP - Terdakwa kasus dugaan korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas Pendidikan tahun 2011 pada penambahan pembangunan ruang kelas 97 Sekolah Dasar (SD) se-Kabupaten, Sonlie telah disidang perdana dengan agenda pembacaan surat dakwaan. 

Kuasa hukum terdakwa mengaku keberatan atas beberapa poin dalam surat dakwaan yang disampaikan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

"Sidangnya kemarin (Selasa-red) di Pengadilan Tipikor Pontianak. Sidang beragendakan pembacaan surat dakwaan yang pada intinya menyatakan klien kami bersalah telah melakukan tindak pidana korupsi," ungkap kuasa hukum terdakwa, Dewa M Satria, Kamis (8/2).

Pada dakwaan tersebut, pihaknya tidak melakukan eksepsi atau keberatan terlebih dahulu lantaran akan menyampaikan keberatan pada saat pembelaan atau pledoi nanti.

"Pembelaan nanti usai sidang tuntutan. Jadi kami biarkan dulu proses yang ada ini. Untuk sidang kedua nanti tanggal 14 Februari dengan agenda keterangan saksi dari jaksa," jelasnya.

Ia menambahkan, nantinya pada saat sidang pledoi akan banyak yang akan pihaknya sampaikan, termasuk soal keberatan terhadap isi dakwaan yang dinilai tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya.

"Salah satu isi dakwaan mengatakan kalau klien kami selaku PPK tidak mengajukan pembentukan PPHP padahal sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP-red). Itu bukan kewajiban PPK, melainkan kuasa pengguna anggaran untuk membentuk PPHP," terangnya.

Selain melakukan pembelaan terhadap surat dakwaan tersebut, pihaknya akan membuka dan menyampaikan siapa saja yang seharusnya bertanggung jawab atas kasus ini di depan majelis hakim.

"Karena tidak mungkin hanya klien kami yang salah dan menanggung ini sendiri," tegasnya. (teo/bob)