Yayasan Palung Kembali Buka Beasiswa Program Peduli Orangutan

Ketapang

Editor Andrie P Putra Dibaca : 286

Yayasan Palung Kembali Buka Beasiswa Program Peduli Orangutan
Penerima beasiswa. (ist)
KETAPANG, SP - Yayasan Palung (YP) bekerja sama dengan Orangutan Republik Foundation (OURF) kembali menyediakan beasiswa program S-1 melalui Program Peduli Orangutan Kalimantan (Bornean Orangutan Caring Scholarship) untuk tahun 2018 ini. Pemberian beasiswa sudah berlangsung sejak tahun 2012 silam.

Pengurus Yayasan Palung, Petrus Kanisius mengatakan sebagai lembaga non profit yang bekerja untuk konservasi Orangutan dan habitat serta pengembangan masyarakat, tentunya yayasan ini bekerja sama dengan semua pihak yang mempunyai tujuan sama untuk perlindungan terhadap Orangutan dan habitat di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara.

Ia melanjutkan, program beasiswa yang sudah berjalan sejak tahun 2012 silam bertujan pertama untuk melahirkan generasi intelektual di Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara yang mempunyai komitmen dan kepedulian yang tinggi terhadap upaya perlindungan dan penyelamatan Orangutan Kalimantan dan habitatnya.

Setiap penerima beasiswa diberikan dana beasiswa dengan limit sebesar 1.500 USD, yang dipergunakan mulai untuk biaya daftar masuk universitas, daftar ulang selama delapan semester, biaya penelitian, biaya penulisan skripsi, serta biaya-biaya lain selama limit dana beasiswa masih tersedia.

"Untuk syarat dan ketentuannya di antaranya calon mahasiswa berasal dari Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara, dengan yang diprioritaskan bagi kurang mampu secara ekonomi. Kemudian diusulkan oleh pihak sekolah melalui rekomendasi pihak sekolah yang mana setiap sekolah berhak mengusulkan dua orang siswa," terangnya.

Selain itu, calon mahasiswa berencana kuliah di Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat serta bersedia melakukan penelitian skripsi berkaitan dengan aspek-aspek perlindungan dan penyelamatan Orangutan Kalimantan dan harus memiliki prestasi yang baik serta berkomitmen untuk konservasi dan mempunyai motivasi yang tinggi untuk kuliah hingga selesai.

"Untuk info lebih jelas terkait pengumuman dan pendaftaran bisa diunduh dan dibaca di blog Yayasan Palung yakni https://yayasanpalung.wordpress.com," terangnya.

Sementara itu, Manager Pendidikan Lingkungan dan Media Kampanye Yayasan Palung, Mariamah Achmad mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan berkas untuk pendaftaran ke sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara. (teo)