Siap-siap, Pemkab Ketapang Bakal Berikan Beasiswa Pendidikan ke Tiongkok

Ketapang

Editor Andrie P Putra Dibaca : 258

Siap-siap, Pemkab Ketapang Bakal Berikan Beasiswa Pendidikan ke Tiongkok
Kadisdik Ketapang, Jahilin. (SP/Teo)
KETAPANG, SP -  Setelah mengirim 14 pelajar lulusan SMA/SMK studi ke Universitas Suzhou, Tiongkok tahun 2017 lalu. Tahun ini program kerja sama antara Pemda Ketapang dengan perusahaan Tiongkok yang beroperasi di Ketapang masih berlanjut. Para pelajar yang berkeinginan melanjutkan kuliah ke Suzhou, diharapkan dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti tes nantinya.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Ketapang, Jahilin mengatakan kerja sama sudah mulai dilakukan pada tahun 2017 lalu.

"Tahun lalu sudah MoU dan sudah 14 pelajar dikirim untuk studi ke Universitas Suzhou dalam rangka pendidikan D3 dan S1," ungkapnya, Selasa (27/2).

Ia melanjutkan, program kerja sama ini diharapkan agar para pelajar setelah lulus mengikuti studi di sana dan pulang ke Kabupaten Ketapang dapat bekerja di perusahaan Tiongkok yang ada di Ketapang.

"Agar tak jadi penonton di daerah sendiri. Harapan selesai mengikuti beasiswa mereka bisa bersaing untuk mendapat kerja yang layak," katanya.

Untuk menyeleksi pelajar yang berhak mendapatkan beasiswa tersebut, pihaknya bekerja sama dengan Universitas Suzhou, untuk melakukan seleksi di Ketapang. Nantinya akan dipilih pelajar terbaik dari yang terbaik yang dinyatakan lulus seleksi.

"Yang menanggung biaya pemerintah Tiongkok melalui perusahaan mereka di Ketapang. Para pelajar yang ikut seleksi diharapkan memiliki rangking 10 besar, dan yang paling penting mau mengikuti aturan yang ada di sana," tuturnya. (teo)