Dian Lestari Terpilih Sebagai Puteri Pariwisata Ketapang, Ini Tugas yang Bakal Diemban

Ketapang

Editor Andrie P Putra Dibaca : 781

Dian Lestari Terpilih Sebagai Puteri Pariwisata Ketapang, Ini Tugas yang Bakal Diemban
Puteri Pariwisata Ketapang, Dian Lestari. (ist)
KETAPANG, SP - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Ketapang sukses menggelar Pemilihan Puteri Pariwisata Kabupaten Ketapang tahun 2018. Dari 21 peserta yang mengikuti kegiatan ini akhirnya Dian Lestari berhasil dinobatkan sebagai Puteri Pariwisata 2018 pada malam grand final, Sabtu (10/3).

Kepala Dinas  Pariwisata dan Kebudayaan Ketapang, Yulianus melalui Plt Kabid Pariwisata, M Tamrin mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang turut serta menyukseskan kegiatan pemilihan Puteri Pariwisata Ketapang 2018. Ia menjelaskan pemilihan yang dilakukan pihaknya merupakan suatu upaya untuk meningkatkan profesionalisme dalam menggali potensi wisata budaya yang ada di Ketapang.

"Ajang ini juga merupakan wadah bagi generasi muda khususnya wanita untuk menunjukkan bakat dan talenta mereka guna membuktikan diri untuk meraih prestasi," ungkapnya, Minggu (11/3).

Ia melanjutkan, ajang ini tak hanya sebagai alternatif hiburan yang positif bagi kalangan generasi muda Ketapang namun juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya potensi wisata yang berasal dari kekayaan seni dan budaya asli Ketapang.

"Selain itu, kegiatan ini sebagai wadah silaturahmi antar generasi muda. Ini sarana media promosi pariwisata daerah," tuturnya.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 21 peserta yang terdiri dari pelajar, mahasiswa dan umum. Yang mana sebelumnya para peserta telah dilakukan interview test pada Kamis (8/3), kemudian dilakukan ajang adu bakat pada Jumat (9/3) hingga masuk ke babak grand final pada Sabtu (10/3).

Pada grand final tadi malam, Dian Lestari dinobatkan menjadi puteri pariwisata Ketapang 2018 kemudian untuk Runner Up 1 diraih Des Ulandini, Runner Up II Carolina Windy, Runner Up III Yovani Chrestela, kemudian kategori Puteri Berbakar diraih Yoanda Zetira, Puteri Berbusana Terbaik Stevani dan Puteri Favorit Giska Sephira. 

"Selamat kepada para pemenang dan harapan semoga dapat membantu memperkenalkan dan memajukan pariwisata yang ada di Ketapang," harapnya.

Bupati Ketapang, Martin Rantan dalam sambutannya yang dibacakan Pj Sekda Ketapang, Heronimus Tanam mengatakan kemajuan terhadap pelaksanaan pembangunan kepariwisataan yang ada saat ini merupakan kerja sama semua pihak termasuk masyarakat.

Oleh karena itu pihaknya terus melibatkan peran masyarakat dalam hal ini satu di antaranya melalui pemilihan Puteri Pariwisata yang bertujuan melibatkan masyarakat khususnya generasi muda dalam pariwisata.

"Selama beberapa tahun belakangan pembangunan fasilitas pariwisata terus meningkat yang berdampak pada peningkatan arus kunjungan wisatawan ke Ketapang. Saya yakin dengan adanya event-event seperti pemilihan Puteri Pariwisata dapat menjadi satu di antara kekuatan dan pilar strategis bagi perkembangan pariwisata Ketapang," katanya.

Untuk itu, ia berharap, kepada seluruh peserta untuk dapat meningkatkan peran sebagai penerus bangsa dalam segala bidang khususnya kemajuan pariwisata.

"Kepada seluruh peserta dan juga pemenang Puteri Pariwisata Ketapang kita berharap mampu mempromosikan pariwisata yang ada di Ketapang. Sebab Puteri Pariwisata bukan hanya dilihat dari pesona wajahnya melainkan kecerdasannya sehingga dapat berkontribusi pada perkembangan pariwisata," pungkasnya. (teo)