Warga Air Upas Ancam ‘Portal’ Akses PT Cargill, Ini Persoalannya

Ketapang

Editor Andrie P Putra Dibaca : 2730

Warga Air Upas Ancam ‘Portal’ Akses PT Cargill, Ini Persoalannya
Warga ancam portal PT Cargill jika keinginan mereka tak terpenuhi. (SP/Theo)
KETAPANG, SP – Warga Kecamatan Air Upas, Kabupaten Ketapang mendesak perusahaan kelapa sawit PT Cargill untuk tidak menutup mata atas keluhan dan harapan warga, khususnya soal penyerapan tenaga kerja dari warga setempat.

Warga mengancam akan melakukan aksi besar-besaran dan menyegel perusahaan tersebut dengan memasang portal di jalan yang kerap dilalui perusahaan.

Hal tersebut disampaikan tokoh masyarakat setempat, Agus Purwanto bersama puluhan masyarakat Air Upas. Dia menjelaskan, pihaknya selama ini sudah cukup bersabar. Padahal masyarakat hanya menuntut hal sepele yakni diberi kesempatan bekerja di perusahaan sesuai kemampuan masyarakat.

“Selama ini kami sebagai warga asli di sini telah menerima dan memberikan rasa aman serta nyaman kepada perusahaan, tapi apa yang kami dapat? Tidak ada,” ungkapnya, Kamis (15/3).

Sejauh ini beberapa warga telah bekerja di perusahaan tersebut, namun jumlahnya tak banyak. Kebanyakan pekerja adalah warga luar Air Upas. Hal ini juga sudah disampaikan ke pihak manajemen perusahaan.

“Kalau perusahaan tidak mau ketemu dan tidak mau berikan kerja tapi sanggup beri makan silahkan, kita tinggal data berapa ribu orang disini. Apakah salah kami minta kerja untuk makan di tanah kelahiran kami sendiri,” katanya.

Pihaknya juga menuntut perusahaan dapat memprioritas pekerjaan bagi pemuda-pemudi di Air Upas terutama yang tamatan SMA ke atas, agar pendidikan yang mereka tempuh tidak dianggap sia-sia. Sehingga tidak membuat para orangtua malas menyekolahkan anak-anaknya ke jenjang lebih tinggi.

Dia juga berhrap Pemkab, Pemprov hingga Pusat untuk dapat membantu menyuarakan apa yang menjadi tuntutan. Apalagi ia menilai para pemimpin yang ada saat ini merupakan hasil pesta demokrasi yang dipilih oleh masyarakat termasuk masyarakat Air Upas. (teo)