Tongkang Pembawa 5.150 Ton Pupuk Sawit Tenggelam di Perairan Ketapang

Ketapang

Editor Andrie P Putra Dibaca : 1938

Tongkang Pembawa 5.150 Ton Pupuk Sawit Tenggelam di Perairan Ketapang
Tongkang tenggelam di perairan Ketapang. (ist)
KETAPANG, SP - Kapal tongkang TK MARINE 2511 yang mengangkut 5.150 ton pupuk yang berlayar dari Gresik menuju Pontianak tenggelam di perairan Ketapang tepatnya di Laut Tanjung Lumpur, Desa Air Hitam Besar, Kecamatan Kendawangan, Selasa (24/4) sekitar pukul 09.10 WIB.

Kasat Reskrim Polres Ketapang, AKP Rully Robinson Polii membenarkan kejadian tersebut. Ia menjelaskan Tongkang yang tenggelam membawa 103.000 karung pupuk sawit dengan berat 5.150 ton tenggelam setelah beberapa hari melakukan perjalanan.

"Informasinya tongkang itu ditarik oleh Tugboat Pasifik 188 dari Gresik menuju Pontianak. Namun sekitar empat hari berlayar tepatnya di Laut Jawa diketahui pada bagian lambung kanan tongkang terdapat kebocoran," ungkapnya, Rabu (25/4).

Ia melanjutkan, mengetahui kejadian tersebut, nahkoda kapal bersama dengan anak buah kapal langsung mengambil keputusan untuk berlayar membawa tongkang menuju daratan terdekat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Hingga akhirnya, pada Senin (23/4), tugboat dan tongkang sampai di Perairan Tanjung Lumpur, namun kondisi tongkang sudah dalam keadaan setengah tenggelam sebelum pada Selasa (24/4) sekitar pukul 09.00 WIB, nahkoda kapal melihat seorang nelayan yakni Ainal (41) warga Desa Air Hitam, Kendawangan di sekitar tempat tenggelamnya tongkang untuk kemudian mencoba meminta bantuan.

"Melihat ada yang melambaikan tangan meminta bantuan, nelayan di sekitar lokasi langsung melaporkan kejadian itu kepada Kamarnit Natai Kuini, Brigpol Ayi Gunawan. Informasi itupun langsung direspon dengan koordinasi antar Marnit Natai Kuini dengan Marnit Polair Kuala Jelai, untuk kemudian mendatangani tempat kejadian perkara," terangnya.

Untuk diketahui, tongkang dan tugboat tersebut merupakan milik PT Boy Bahtera Mandiri Pasifik (BMMP) Jakarta yang berlayar melalui pelayaran PT Pelayaran Spectra Tirta Segara Line. (teo)