Warga Minta Pemkab Ketapang Selesaikan Persoalan Genangan Air

Ketapang

Editor Andrie P Putra Dibaca : 652

Warga Minta Pemkab Ketapang Selesaikan Persoalan Genangan Air
Genangan air di salah satu jalan di Ketapang. (SP/Theo)
KETAPANG, SP - Ketua Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Ketapang, Susilo Aheng berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang melalui instansi terkait dapat menindaklanjuti atau menanggulangi persoalan genangan air yang kerap terjadi ketika hujan mengguyur kota Ketapang.

"Persoalan luapan air sangat menyusahkan masyarakat, sebab tiap musim hujan terlebih beberapa hari hujan terus mengguyur Kota Ketapang banyak jalanan bahkan rumah warga terendam air," ungkapnya, Jumat (18/5).

Luapan yang menyebabkan genangan air diduga karena saluran drainase atau got yang sumbat. Hal ini terjadi di Jalan MT Haryono, Diponegoro, H Murni, Beringin, Wahid Hasyim bahkan pemukiman warga turut terendam air.

"Setiap hujan turun kami selalu khawatir dan bersiap-siap mengamankan perabotan rumah tangga karena sudah pasti banjir dan surutnya lama," terangnya.

Ia menambahkan, luapan air tak hanya menyusahkan warga tetapi juga dikhawatirkan menjadi sumber penyakit misalkan menjadi sumber berkembang biaknya nyamuk dan lain sebagainya.

Untuk itu, ia menilai tak ada alasan tidak bisa ditanggulangi lantaran pada tahun 2005, meskipun hujan deras tetapi tidak pernah terjadi seperti saat ini.

Dia meminta pihak terkait harus berkomitmen menyelesaikan dan menanggulangi persoalan yang sudah menjadi momok bagi masyarakat khususnya di Kota Ketapang.

"Sebagai warga saya merasa dirugikan dan tidak nyaman dengan dampak luapan air, makanya saya mohon kepada Pemkab Ketapang untuk segera menanggulangi persoalan ini," pintanya. (teo)