Warga Tanam Pohon Pisang di Tengah Jalan Sisingamangaraja Ketapang

Ketapang

Editor K Balasa Dibaca : 1446

Warga Tanam Pohon Pisang di Tengah Jalan Sisingamangaraja Ketapang
Pohon pisang yang ditanam warga di Jalan Sisingamangaraja. (SP/Theo)
KETAPANG, SP - Sebatang pohon pisang dengan tinggi sekitar dua meter ditanam warga di tengah Jalan Sisingamangaraja yang terletak di Kelurahan Sampit, Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang.

Penanaman pohon pisang, sebagai bentuk kekecewaan warga akibat jalan tersebut yang rusak dan berlubang tak kunjung diperbaiki.

Dari pantauan, pohon pisang yang ditanam warga dibungkus dengan karung putih menyerupai sesosok pocong ditanam tepat di ruas jalan yang baru beberapa bulan lalu dilebarkan Pemkab Ketapang.

Budi (37), satu diantara warga Kecamatan Delta pawan yang kerap melintasi jalan tersebut mengaku sudah beberapa hari belakangan melihat pohon pisang tertanam tepat di badan jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Sampit.

"Pertama kali melihat saya kaget, posisi saat itu malam hari, dari jauh seperti pocong namun saat melintas di sebalahnya ternyata pohon pisang yang ditanam oleh warga," ungkapnya, Senin (21/5).

Dia tidak mengetahui siapa yang telah menanam pohon pisang di jalan tersebut, namun ia menilai penanaman pohon pisang sebagai bentuk kekecewaan dan protes warga terhadap kondisi jalan yang rusak namun tidak kunjung diperbaiki.

"Oknum masyarakat yang menanamnya mungkin kecewa, sama seperti saya karena jalan bisa dikatakan jalan protokol menuju pusat kota yang kerap dilalui warga namun kondisinya memprihatinkan," tuturnya.

Ia menambahkan, kondisi jalan rusak dan berlubang membahayakan bagi pengendara terutama ketika malam hari saat tidak ada lampu penerangan di jalan.

Sehingga selain sebagai bentuk kekecewaan, penanaman pohon pisang bisa sebagai tanda agar pengendara tidak melanggar lubang tersebut.

"Harapan kita, pihak terkait bisa pro aktif memperbaiki jalan rusak ini, apalagi jalan berada di tengah kota bahkan akses dari bandara menuju pusat kota. Malu kalau pendatang atau mungkin presiden datang ke Ketapang melihat ada pohon pisang tertanam di tengah jalan," katanya. (teo)